Muncul Perselisihan Dalam Seleksi Direktur Jenderal MSG Baru

share on:
Kantor Pusat Melanesian Spearhead Group di Port Vila, Vanuatu. - RNZI / Jamie Tahana
Kantor Pusat Melanesian Spearhead Group di Port Vila, Vanuatu. – RNZI / Jamie Tahana

Jayapura, Jubi – Tanda-tanda perselisihan nampaknya mulai muncul dalam forum negara-negara Melanesia terkait dengan pemilihan direktur jenderal MSG yang baru.

Pekan lalu, Menteri Luar Negeri Fiji, Ratu Inoke Kubuabola, mengatakan duta besar Perubahan Iklim dan Oceans untuk Vanuatu, Amena Yauvoli, telah dipilih untuk mengisi peran tersebut.

Kekosongan posisi itu sudah berjalan empat bulan lebih sejak mantan direktur jenderal MSG, Peter Forau, mengundurkan diri. Islander Salomon mengutip kurangnya dukungan anggaran dan menurunnya komitmen dari negara-negara anggota untuk program kelompok tersebut.

Para Pemimpin dalam forum MSG akan bertemu untuk pertemuan khusus yang direncanakan awal Mei nanti di Port Vila, di mana direktur jenderal MSG yang baru secara resmi akan ditunjuk. Ratu Inoke mengumumkan penunjukan itu sebagai berita kepada anggota MSG lainnya.

Untuk Vanuatu, sejauh ini seleksi belum rampung. Dewan Menteri Nasional-nya sudah bertemu pekan lalu dan memutuskan untuk mencalonkan duta Vanuatu untuk Uni Eropa, Roy Mickey-Joy sebagai kepala MSG yang baru.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Papua Nugini, Rimbink Pato menegaskan bahwa pemerintahannya telah mengajukan calon sendiri, yakni diplomat senior PNG, namun sejak itu mereka memutuskan untuk menarik nama.

Kepala Kantor MSG, Perdana Menteri Kepulauan Solomon, Manasye Sogavare, mengatakan pengangkatan direktur-jenderal yang baru akan disimpulkan hari ini, Senin, seperti dilansir Radio New Zealand, (11/4/2016).

Pemerintah Fiji tidak bersedia berikan komentar tentang masalah tersebut. (Yuliana Lantipo)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Muncul Perselisihan Dalam Seleksi Direktur Jenderal MSG Baru