Pasar yang Dibangun Harus Punya Manfaat Ekonomi

share on:
Transaksi jual beli di Pasar Pharaa Sentani merupakan salah satu indikator pertumbuhan ekonomi daerah - Jubi/Engel Wally
Transaksi jual beli di Pasar Pharaa Sentani merupakan salah satu indikator pertumbuhan ekonomi daerah – Jubi/Engel Wally

Sentani, Jubi – Sejumlah fasilitas penunjang ekonomi masyarakat, dalam hal ini pasar yang telah dibangun oleh pemerintah daerah di sejumlah tempat di Kabupaten Jayapura, diharapkan benar-benar difungsikan bagi kepentingan masyarakat.

Abraham Demonggreng salah satu Anggota DPR Kabupaten Jayapura, di Komisi C menilai pasar yang dibangun oleh pemerintah saat ini sudah cukup banyak, namun dikhawatirkan peruntukannya tidak berjalan dengan baik.

“Bangun pasar di sebuah wilayah perlu juga melakukan survey yang tepat, apakah benar-banar masyarakat di tempat tersebut membutuhkan pasar. Jangan sampai terlanjur dibangun lalu pasar tersebut sunyi dari aktifitas jual beli,” ujarnya ketika di temui di Sentani, Senin (11/4/2016).

Dikatakannya, sejumlah pasar yang telah dibangun saat ini ada di Distrik Nimbokrang, Distrik Waibu, dan dalam waktu dekat akan dibangun lagi di Distrik Nimboran.

“Dari sisi ekonomis cukup baik, namun harus diimbangi dengan sosialisasi oleh dinas terkait tentang penggunaan pasarnya. Karena pasar bukan hanya sebuah bangunan yang dibangun lalu dibiarkan begitu saja. Peruntukannya dari sisi ekonomi juga harus dijelaskan kepada masyarakat,” katanya.

Sementara itu di tempat terpisah, Piter Yom Kepala Dinas Perindakop dan UKM Kabupaten Jayapura mengatakan bahwa pasar yang telah dibangun di Distrik Nimbokrang seutuhnya dikelola oleh Pemerintah Daerah untuk kepentingan masyarakat lokal dan non Papua.

“Jarak dari Nimbokrang ke Sentani cukup jauh. Tidak salahnya pasar dibangun ditempat tersebut. Sehingga masyarakat disana tidak usah repot-repot ke Sentani lagi untuk menjual hasil buminya,” ujar Yom. (*)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pasar yang Dibangun Harus Punya Manfaat Ekonomi