Tingkatkan Kesadaran Konservasi, TNBBS Kembangkan Kegiatan Mendongeng

share on:
Ilustrasi kegiatan mendongeng - siapbelajar.com
Ilustrasi kegiatan mendongeng – siapbelajar.com

Tanggamus, Lampung, Jubi – Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) tingkatkan kesadaran publik dan luaskan informasi terkait konservasi cara mendongeng bagi anak-anak warga sekitar hutan.

Menurut Jonfa Alhudri STP MSi, Kepala Seksi Pemanfaatan dan Pelayanan TNBBS, didampingi Hifzon Zawahiri, Kasubbag Umum Balai Besar TNBBS, Senin (4/11/2016), proses komunikasi yang perlu dibangun dalam pengelolaan TNBBS pada aspek-aspek penyadaran publik dapat dilakukan melalui beberapa pendekatan.

Menurutnya, salah satu pendekatan yang sedang dikembangkan adalah kegiatan mendongeng kepada anak-anak, seperti yang dilakukan Samsudin, penggiat pendidikan anak, dari Rumah Baca Bumi Pertiwi di Indramayu.

“Mendongeng adalah wahana yang sangat penting untuk menyebarkan informasi tentang konservasi alam dan lingkungan dengan cara yang menarik, terutama jika informasi tersebut diperuntukkan bagi anak-anak” kata Jonfa.

Balai Besar TNBBS bersama mitra telah menyelenggarakan kegiatan mendongeng pada sekolah-sekolah di sekitar kawasan TNBBS pada 7 hingga 9 April 2016 lalu, dengan menghadirkan Samsudin, seorang penggiat dongeng.

Kegiatan tersebut telah dilaksanakan di SDN 3 Sedayu (Tumpak Bayur) Pekon Sedayu Kecamatan Semaka Kabupaten Tanggamus dan SD IT Teladan Kotaagung Kecamatan Kotaagung Kabupaten Tanggamus.

Saranan yang digunakan dalam kegiatan mendongeng berupa wayang kardus “Batra” (badak sumatera) di TNBBS.

Menurut Jonfa, kegiatan itu bukan saja untuk mengkampanyekan pelestarian badak sumatera di TNBBS, tetapi juga untuk melestarikan budaya mendongeng yang mulai ditinggalkan.

Mendongeng juga dapat menumbuhkan rasa percaya diri anak, anak diajak berani tampil di hadapan teman-temannya, katanya lagi.

Kegiatan yang dilaksanakan Samsudin itu dilakukan dengan mengendarai sepeda sebagai bentuk kampanye untuk mengurangi emisi kendaraan dan penghormatan terhadap bumi yang setiap tanggal 22 April tiap tahun diperingati sebagai Hari Bumi. (*)

Editor : Zely Ariane
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Tingkatkan Kesadaran Konservasi, TNBBS Kembangkan Kegiatan Mendongeng