Animo Pemuda Nabire Ikut Tes Anggota Polri Sangat Tinggi

share on:
Para pemuda Nabire yang sibuk mengisi formulir pendaftaran anggota Polri tahun 2016 di Polres Nabire, Papua – Jubi/Munir
Para pemuda Nabire yang sibuk mengisi formulir pendaftaran anggota Polri tahun 2016 di Polres Nabire, Papua – Jubi/Munir

Nabire, Jubi – Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (Kabag Sumda) Polres Nabire, Papua, Sukino, SH, saat ditemui Jubi di ruang kerjanya, Selasa (12/4/2016) mengatakan animo pemuda Nabire dalam mengikuti pendaftaran seleksi calon anggota Polri (Akpol, Brigadir dan Tamtama) tahun 2016 cukup tinggi.

Pendaftaran calon anggota Polri yang dibuka sejak 7 April 2016 lalu, tercatat sudah 200 lebih pendaftar, baik yang telah lama lulus dari jenjang SMA/SMK maupun yang baru mengikuti Ujian Nasional (UN) 2016 ini.

“Jumlah tersebut tentu akan bertambah seiring masih dibukannya pendaftaran tersebut,” katanya.

Animo pemuda Nabire ini datang dari semua kalangan, baik orang Papua maupun non Papua.

“Pendaftaran rencananya akan dibuka sampai ada kapal laut dengan tujuan Jayapura, karena mereka nantinya akan melakukan seleksi lebih lanjut langsung di Polda Papua di Kota Jayapura,” katanya.

Meski begitu saat pendaftaran yang dilakukan di Polres Nabire pun sudah dilakukan seleksi awal, seperti tinggi badan, berat badan dan juga kelengkapan dokumen administrasi.

“Karena dari keseluruhan pendaftar tidak akan bisa berangkat semua karena sudah kami lakukan seleksi lebih awal, kalaupun mereka memaksakan berangkat pasti mereka akan gugur juga saat seleksi di Polda Papua,” ujarnya.

Namun untuk jadwal nasional kata dia pendaftaran penerimaan calon anggota Polri tersebut dilakukan sejak 7 April hinggal 30 April 2016 mendatang.

“Untuk tinggi badan bagi mereka warga non Papua yang berdomisili di Papua, untuk putra 165 cm dan putri 160 cm, sementara untuk Putra Asli Papua ada perbedaan dimana untuk Putra 163 cm dan Putri 158 cm,” katanya.

Di tempat yang sama, salah seorang pendaftar yang ditemui Jubi, Fadly Aji Ardiyanto, mengatakan dirinya ikut dalam pendaftaran tersebut karena keinginannya mengabdi kepada negara sebagai anggota Polri.

“Selain itu juga tentu kita sebagai warga negara ingin mendapatkan pekerjaan tetap yang baik demi orang tua, ya salah satu pekerjaan tersebut yakni menjadi anggota Polri,” katanya. (Munir)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Animo Pemuda Nabire Ikut Tes Anggota Polri Sangat Tinggi