Bangka Tengah Bangun Gedung Pengolahan Hasil Pertanian

share on:
Ilustrasi - tepegeee.blogspot.com
Ilustrasi – tepegeee.blogspot.com

Lembang, Bantaeng, Jubi – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, akan membangun pengolahan dan pemasaran hasil pertanian masyarakat setempat untuk mengembangkan usaha produksi mereka.

“Ternyata bantuan yang selama ini kami gelontorkan langsung ke kelompok petani itu kurang pas dan yang benar adalah apa yang sudah diterapkan Kabupaten Bantaeng,” kata Bupati Bangka Tengah, Erzaldi Rosman, di Lembang, Rabu (13/4/2016).

Erzaldi mengatakan hal itu saat mengunjungi gedung yang berfungsi sebagai pusat pemasaran hasil pertanian masyarakat di Kabupaten Bantaeng.

“Apa yang diterapkan Bantaeng ini saya pikir sangat pas dan bisa dicontoh. Unit pemasaran dan pengolahan hasil pertanian itu langsung berada di bawah Disperindagkop,” katanya.

Ia mengatakan strategi yang dilakukan Pemkab Bantaeng dalam memberdayakan masyarakat petani sudah tepat, dan unit pengolahan dan pemasaran hasil pertanian itu langsung berbentuk UPT di bawah Disperindagkop.

“Ini akan kami terapkan di Bangka Tengah, dibangun gedung pemasaran dan pengolahan hasil pertanian untuk masyarakat yang dipakai secara gratis,” ujarnya.

Ia mengatakan masyarakat memiliki kemampuan mengolah hasil pertanian menjadi makanan khas daerah bisa menjual produk mereka ke unit pengolahan dan pemasaran hasil pertanian tersebut.

“Misalnya masyarakat mampu mengolah lima kilogram bahan pertanian, silakan pakai tempat tersebut dan itu gratis tanpa dipungut biaya,” ujarnya.

Editor : Zely Ariane
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Bangka Tengah Bangun Gedung Pengolahan Hasil Pertanian