Pembukaan Areal Cetak Sawah di Nabire Telah Mencapai 300 Hektar

share on:
Peta dislokasi pekerjaan cetak sawah tahun 2016 di Kabupaten Nabire – Jubi/Munir
Peta dislokasi pekerjaan cetak sawah tahun 2016 di Kabupaten Nabire – Jubi/Munir

Nabire, Jubi – Asisten Teritorial Kodam XVII Cenderawasih, Kolonel Inf. Widjanarko menjelaskan bahwa hingga bulan April 2016 ini, perkembangan pembukaan Areal Cetak Sawah yang telah di kerjakan oleh TNI – AD di wilayah Kodim 1705/Paniai sudah mencapai 300 Hektar dari target keseluruhan 1000 hektar.

Lokasi Area Cetak Sawah yang akan di buka antara lain, Distrik Makimi Desa Manunggal Jaya,Distrik Uwapa yakni DesaTopo Jaya, Desa Marga Jaya dan Gamai Jaya. Sedangkan untuk wilayah Distrik Nabire Barat Desa Wadio dan untuk Distrik Wanggar yakni, Desa Wanggar Sari dan Desa Wanggar Makmur.

“Target kita itu, pada bulan Juli semua areal sudah terbuka dan siap ditanam padi. Dan saya berharap, dari Dinas Pertanian Nabire bisa bersama-sama melangkah, sehingga apa yang ditargetkan itu bisa tercapai, kemudian harus terus saling berkoordinasi antara Pelaksana lapangan, sehingga dalam proses pertanggung jawabannya tidak terjadi kesalahan,” katanya di Nabire, Rabu (13/4/2016).

Di tempat yang sama , Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Nabire, Papua, yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Nabire, Amon Rumatrai mengatakan, pada prinsipnya Pemkab Nabire sangat mendukung program Area Cetak Sawah yang telah di kerjakan oleh pihak TNI – AD.

Dan melalui pertemuan tersebut kata akan di koordinasikan dengan Kepala Dinas Pertanian, terkait dengan kendala-kendala yang di hadapaidi lapangan pada saat pembukaan areal cetak sawah tersebut.

“Kami selalu berkoordinasi dengan TNI, dan beberapa lokasi yang akan di jadikan area cetak sawah banyak lokasi yang rawa, artinya sangat tidak cocok untuk dijadikan area cetak sawah, hal ini mungkin akan di koordinasi ulang dengan pihak terkait. Sehingga, pada proses pertanggung jawabannya kedua belah pihak tidak disalahkan,”tegas dia. (Munir)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pembukaan Areal Cetak Sawah di Nabire Telah Mencapai 300 Hektar