Pemkab Gowa dan UNHAS Gagas Desa Sehat

share on:
desa sehat2
Ilustrasi – fkm2012unmul.blogspot.com

Gowa, Jubi – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Pemerintah Kabupaten Gowa, menggagas lahirnya desa sehat yang akan dijadikan pilot proyek sebelum dilakukan di daerah lain.

Hal itu terungkap dalam audensi yang dilakukan UPT KKN Unhas dan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) dengan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, di Kantor Bupati Gowa, Rabu (13/4/2016).

Dekan FKM Unhas, Prof Dr drg A Zulkifli MKes, menuturkan program ini akan dilakukan di Gowa karena Pemkab Gowa dikenal berkomitmen kuat terhadap kesehatan.

Konsep desa sehat, kata Zulkifli, mencakup pelayanan kesehatan dasar, sanitasi dasar dan air bersih, perilaku hidup bersih dan sehat serta pemberdayaan masyarakat secara swadaya atau partisipatif.

“Program utamanya, yakni perbaikan sarana prasarana kesehatan, peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), peningkatan cakupan sanitasi dasar dan air bersih, peningkatan kualitas lingkungan, peran kader kesehatan serta pengendalian penyakit menular dan tidak menular,” jelasnya.

Dia yakin jika program ini akan jadi percontohan, minimal di Sulsel. “Mekanisme kerja kita mulai dari yang konkrit. Seperti menggenjot sekolah yang sehat, mengelola air dengan baik. Kami yakin jika ini dimulai dari Gowa, akan menjadi percontohan,” ujarnya.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menuturkan, Gowa sebagai daerah penyangga mendukung program percontohan yang akan dilakukan. “Apa yang disampaikan sangat kami dukung.” ucapnya.

Pemkab, lanjut dia, memang fokus pada program kesehatan. “Terkait program di sektor kesehatan, saya memang berkomitmen untuk tetap konsen disitu. Rencananya, tahun ini kita akan bangun tiga puskesmas rawat inap, di Kecamatan Manuju, Bontolempangan dan Biringbulu,” ujarnya.

Dia mengaku jika Pemkab memiliki cita-cita untuk membangun satu rumah sakit tipe C.(*)

Editor : Zely Ariane
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemkab Gowa dan UNHAS Gagas Desa Sehat