Oposisi Fiji Pertanyakan Kontrak Rehabilitasi Paska Topan

share on:
Ro Teimumu Kepa - RNZ
Ro Teimumu Kepa – RNZ

Jayapura, Jubi – Oposisi di Fiji mengkhawatirkan kurangnya transparansi serta kemungkinan konflik kepentingan, dalam proses pemberian kontrak pasokan kepada pengecer material pembangunan untuk proyek rehabilitasi Topan Winston.

Jaksa Agung dan Menteri Keuangan, Aiyaz Sayed-Khaiyum, mengeluarkan sebuah iklan satu halaman penuh di Fiji Sun minggu ini menawarkan kepada pengusaha Fiji untuk menjadi pemasok bahan bangunan.

Pemimpin oposisi, Ro Teimumu Kepa, mengatakan penawaran ini juga dikirim ke Imtiaz Shah, manajer Unit Pelaksana Konstruksi di Departemen Keuangan.

Ro Teimumu Kepa, kepada Fiji Times (14/4/2016) mengatakan tidak banyak yang diketahui tentang unit yang baru dibentuk ini, perannya dan bagaimana Shah terpilih serta apakah keputusan Sayed Khaiyum akan menjadi referensi untuk persetujuan akhir.

Dia berpendapat kontrak pasokan biasanya ditangani oleh dewan tender, tapi ia tidak yakin apakah dewan tender ini masih fungsional.

Dari 40 pemasok bahan bangunan ditambah di Fiji, Ro Teimumu Kepa mempertanyakan berapa banyak yang menyumbang untuk partai yang didirikan Khaiyum ini.

Dia mengatakan sebagai sekretaris jenderal Fiji Pertama, potensi konflik ada. Khaiyum juga, selama delapan tahun terakhir dianggap memiliki kecenderungan favoritisme dan nepotisme.
iklan ini menyebutkan kontrak senilai lebih dari US$ 33 juta akan diberikan dalam proyek rehabilitasi Fiji. (*)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Oposisi Fiji Pertanyakan Kontrak Rehabilitasi Paska Topan