Disperindagkop Gorontalo Pantau Persediaan dan Harga Kebutuhan Pokok

share on:
Ilustrasi - sulawesi.bisnis.com
Ilustrasi – sulawesi.bisnis.com

Gorontalo, Jubi – Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Gorontalo, membentuk tim untuk memantau persediaan dan harga bahan kebutuhan pokok.

Kepala Disperindagkop Kota Gorontalo Irwan Hamzah, Minggu (17/4/2016), mengatakan bahwa tim yang telah dibentuk tersebut selain petugas intenal juga melibatkan instansi tehnis lainnya seperti Dinas Pertanian dan Badan Urusan Logistik Bulog.

Dia menjelaskan, pihaknya memang sudah beberapa kali membentuk tim pemantau persedian dan harga kebutuhan pokok, seperti adanya kelangkaan elpiji, naikknya harga beras, serta komoditi lainnya.

Selain itu, menjelang bulan puasa dan lebaran, perayaan natal dan tahun baru serta adanya bencana alam seperti kekeringan dan banjir, yang melanda wilayah Kota Gorontalo dan sekitarnya.

Dia menjelaskan, tim ini nantinya akan melakukan evaluasi jika terjadi lonjakan harga serta persedian yang mulai langka, untuk kemudian dilakukan operasi pasar ataupun mengundang distributor ataupun pedagang .

Menurut dia, jika beras mulai mengalami kenaikkan karena stok berkurang, ia akan berkoordinasi dengan bulog. Begitu pula jika minyak goreng, elpiji dan cabai, bawang, sayuran serta kebutuhan lainnya tidak cukup, maka segera mengundang distibutor ataupun pedagang.

“Jika jawaban pada distrributor ataupun pedagang bisa dipahami, maka tentunya kami bisa berikan toleransi, namun jika kedapatan melakukan penimbunan maka tidak segan-segan dilakukan tindakan peringatan,” tegas Irwan.

Dia menjelaskan, pasca penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) premium dan solar, harga beberapa bahan kebutuhan pokok di Kota Gorontalo saat ini masih normal, bahkan ada beberapa yang mengalami penurunan.

“Kami tidak bisa menjamin menjelang bulan puasa nanti harga bahan kebutuhan pokok tidak akan naik, sehingga perlu dibentuk tim,” tutip Irwan. (*)

Editor : Zely Ariane
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Disperindagkop Gorontalo Pantau Persediaan dan Harga Kebutuhan Pokok