Kambu-Safanpo Dorong Pemekaran Dua DOB di Asmat

share on:
Bupati Asmat, Elissa Kambu. Jubi/Frans L Kobun
Bupati Asmat, Elissa Kambu. Jubi/Frans L Kobun

Asmat, Jubi – Bupati dan Wakil Bupati Asmat, Elissa Kambu-Thomas Eppe Safanpo mendorong pemekaran dua Daerah Otonom Baru (DOB) di Kabupaten Asmat. Kedua daerah tersebut yakni Kabupaten Asmat Tengah dan Kabupaten Asmat Selatan.

“Saya minta agar tahun ini juga, berbagai administrasi terkait pemekaran dua kabupaten baru tersebut, harus diselesaikan dan selanjutnya dapat didorong ke pemerintah pusat agar ditindaklanjuti,” ujar Bupati Asmat, Elissa Kambu dalam sambutannya pada sidang paripurna pembahasan RAPBD Perubahan Senin (18/4/2016).

Pemekaran dua DOB itu bertujuan untuk memperpendek wilayah pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Asmat yang selama ini sangat luas. “Kita akan segera membentuk tim khusus terkait pemekaran dua DOB itu,” katanya.

Secara terpisah Wakil Ketua DPRD Asmat, Brend Jensenem mengatakan, pemekaran dua DOB itu, sudah diwacanakan sejak pemilihan legislatif dan ditindaklanjuti pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) setahun silam. “Ini menyangkut janji politik yang harus ditepati,” tegasnya.

Secara kelembagaan, DPRD mendukung pengusulan DOB, namun tentunya perlu dilakukan pengkajian secara ilmiah terlebih dahulu. Menurutnya, pada prinsipnya, kata dia, dewan sangat mendukung pemekaran wilayah.

“Ya, kalau tidak salah dalam tahun 2016, sudah dibentuk tim pemekaran yang nantinya akan melakukan pengkajian dan membuat admninistrasi untuk selanjutnya didorong ke pemerintah provinsi dan pusat,” katanya. (*)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kambu-Safanpo Dorong Pemekaran Dua DOB di Asmat