Pahami Bangsa dan Negara Indonesia, DPR-RI Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaaan

share on:
Anggota DPR-RI Perwakilan Papua, H. Sulaiman L. Hamzah saat memberikan piagam kepada siswa dan guru - Jubi/Abeth You
Anggota DPR-RI Perwakilan Papua, H. Sulaiman L. Hamzah saat memberikan piagam kepada siswa dan guru – Jubi/Abeth You

Jayapura, Jubi – Sebagai bentuk kepedulian dan tugasnya kepada masyarakat, terutama kepada siswa dan siswi Sekolah Menegah Atas (SMA) untuk mengenalkan kembali nilai-nilai kebangsaan yang mulai tergerus oleh zaman, serta perlu untuk memahami tentang kehidupan berbangsa dan bernegara saat sekarang ini.

Untuk itu anggota DPR-RI perwakilan Papua, H. Sulaiman L. Hamzah melakukan sosialisasi empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila, UU 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika.

Dia mengatakan, sebagai penyegaran sosialisasi tersebut disertakan para siswa dan siswi tingkat SMA di Kota Jayapura.

“Sosialisasi ini saya memilih adik-adik yang berada di bangku SMA, kelas satu dan dua. Karena situasi yang mengharuskan sebagai penyegaran, sebab generasi sekarang di jabatan politik  banyak masalah,” kata H. Sulaiman L. Hamzah di Jayapura, Senin (18/04/2016).

Saat ini pelajaran di sekolah sekarang kadang tidak bersentuhan, menurut anggota DPR RI dari Partai NasDem ini, sehingga pemahaman Pancasila semakin surut di tengah-tengah anak muda, dan berharap semoga menambah wawasan kebangsaan.

Ia menegaskan, jika situasi ini kalau tidak diwaspadai maka sangat ditakutkan terhadap pemimpin bangsa tidak bisa menjaga keutuhan bangsa.  “Empat pilar bangsa saat ini merosot. Bahkan, pemahaman tentang  bangsa juga benar-benar merosot,” tutur wakil rakyat Papua.

Maka, lanjutnya, sosialisasi tersebut sengaja digelar agar boleh dirasakan setiap warga negara di Papua, teristimewa kepada anak-anak muda yang sedang berkembang agar tanamkan jiwa nasionalisme.

Sementara itu, salah satu siswa SMA, Jonathan, mengaku, setelah dengar pemaparan dari legislator itu, dirinya sangat senang sebab hal itu bisa menambah wawasan kebangsaan bersama teman–temannya.

“Saya sangat senang. Ini membuat kami membuka wawasan terhadap bangsa dan negara tercinta, negara Republik Indonesia ini,” jelasnya. (Abeth You)

Editor : dominggus
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pahami Bangsa dan Negara Indonesia, DPR-RI Sosialisasi Empat  Pilar Kebangsaaan