Pemerintah Fiji : Pasca Topan, 63 Desa Harus Relokasi

share on:
Tampak dari atas pulau Koro, yang menjadi pusat bencana Cyclone Winston -RNZI/Sally Round
Tampak dari atas pulau Koro, yang menjadi pusat bencana Cyclone Winston -RNZI/Sally Round

Jayapura, Jubi – Sebanyak 63 desa di Fiji terpaksa harus direlokasi karena terkena dampak topan Winston, menurut tim penilai dari pemerintah.

Fiji Times melaporkan desa-desa yang mesti di relokasi terdiri dari tujuh provinsi yang meliputi 13 desa di provinsi Koro, satu di Batiki, empat di Cakaudrove, lima di Vanuabalavu, tujuh di Ovalau, 11 di Tailevu Utara dan tujuh desa di Povinsi Ra.

Laporan Radio New Zealand, Kamis (21/4/2016) melaporkan bahwa 36 desa telah menyelesaikan semua hal yang berkaitan dengan prosedur relokasinya.

Sekretaris permanen Kementerian Dalam Negeri iTaukei, Nipote Katonibau, mengatakan sisanya 27 desa sedang menunggu saran dari masing-masing dewan provinsi. Ia mengatakan para pemilik tanah dari 25 desa perlu untuk secara resmi menghadirkan persetujuan mereka dan dua desa sedang menunggu saran dari Kementerian Pertanahan, karena lokasi desa baru yang direkomendasikan adalah tanah yang tak bertuan.

Katonitabua mengatakan mereka masih perlu melakukan kajian teknis sebelum sebuah situs mengkonfirmasi keamanan untuk mengatur sebuah desa. (Yuliana Lantipo)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemerintah Fiji : Pasca Topan, 63 Desa Harus Relokasi