Pendataan OAP, Gubernur Papua Diminta Jelaskan Tujuannya

share on:
Bupati Jayawijaya, John Wempi Wetipo - Jubi/Wesai H.
Bupati Jayawijaya, John Wempi Wetipo – Jubi/Wesai H.

Wamena, Jubi – Bupati Jayawijaya John Wempi Wetipo meminta kepada Gubernur Papua, Lukas Enembe untuk menjelaskan tujuan mendata orang asli (OAP) Papua.

Hal itu dikatakan Bupati Wetipo menanggapi adanya kebijakan Gubernur Lukas untuk mendata OAP seperti diberitakan media beberapa waktu lalu.

“Sosialisasi dulu sama kami. Dan tidak bisa perintah saja, untuk apa?” katanya kepada wartawan di Wamena, Jayawijaya, Kamis (21/4/2016).

Menurut dia hingga kini belum ada surat resmi dari Gubernur Lukas untuk mendata OAP. “Kami laksanakan itu kalau ada surat. Hanya bicara-bicara saja tidak bisa,” ujarnya.

Menurut dia perlu adanya surat resmi jika ingin mendata OAP agar tidak ada kesan diskriminatif. Ia bahkan berpendapat Pemerintah hadir untuk melindungi dan mengayomi rakyatnya tanpa membedakan suku, agama, ras dan antargolongan.

“Kita pemerintah harus hati-hati karena kita berdiri ini semua tiang, untuk semua kepentingan, sehingga jangan sampai dianggap kita berat sebelah,” katanya.

Mahasiswa Wamena, Herrly mengatakan perlunya pendataan jumlah OAP di Papua untuk mengetahui kepastian jumlahnya.

“Selama ini banyak yang bilang orang Papua makin habis to? Jadi supaya jelas ada data boleh, habisnya itu berapa? Terus kebijakan untuk orang
Papua itu juga jelas dengan data,” kata mahasiswa D-3 Keperawatan itu. (*)

 

Editor : TIMOTEUS MARTEN
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pendataan OAP, Gubernur Papua Diminta Jelaskan Tujuannya
  • Wenda Kilion

    Mau pastikan berapa jumlah oap… ink tanah papua, sehingga ada data yg valid dari pemerinyah daerah itu sanhat perlu, bagaimana kalau ydk melakukan pendataan,?

    View Comment