Pertempuran Sengit Berkecamuk di Qamishly, Suriah

share on:
Kota Qamishly - now.mmedia.me
Kota Qamishly – now.mmedia.me

Damaskus, Jubi – Pertempuran sengit berkecamuk pada Kamis (21/4) antara pasukan yang setia kepada Pemerintah Suriah dan kelompok petempur Kurdi, kata menurut Observatorium Suriah bagi Hak Asasi Manusia.

Pasukan Assayish, sayap keamanan Partai Uni Demokratik di Suriah “PYD” dan kelompok Kurdi lainnya terlibat pertempuran melawan Pasukan Pertahanan Nasional (NDF), kelompok para-militer yang setia kepada militer Suriah.

Selama dua hari prtempuran itu terjadi di Kota Qamishly, yang kebanyakan warganya orang Kurdi, di Provinsi Al-Hasakah bagian timur-laut Suriah, kata kelompok pemantau tersebut.

Kelompok yang berpusat di Inggris itu mengatakan pertempuran berkecamuk pada Kamis, setelah pasukan Kurdi menguasai satu penjara yang berada di bawah kendali pasukan Suriah di kota itu.

Penjara tersebut, katanya, jatuh setelah puluhan prajurit Suriah menyerahkan diri kepada Assasyish, demikian laporan Xinhua –yang dipantau Antara di Jakarta, Jumat (22/4/2016) siang.

Ditambahkannya, petempur Kurdi masih mengepung bagian keamanan, yang berada di bawah kekuasaan pemerintah.

Meletusnya kerusuhan di Qamishly adalah yang pertama terjadi antara pasukan Suriah dan Kurdi. Kedua kelompok tersebut sempat bekerja sama dalam perang melawan kelompok IS di Provinsi Al-Hasakah.

Observatorium mengatakan bentrokan tersebut meletus setelah kedua pihak menangkap anggota pasukan dari masing-masing pihak dan upaya pembebasan mereka gagal.

Sebanyak 10 prajurit NDF tewas dan 20 orang lagi ditangkap oleh pasukan Kurdi, ujarnya. (*)

Editor : Zely Ariane
Sumber : Antara/Xinhua-OANA
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pertempuran Sengit Berkecamuk di Qamishly, Suriah