Connect with us

Rilis Pers, Advertorial, Surat dan Sumbangan Pembaca

Ketua Gerindra Papua: Perempuan Harus Manfaatkan Peluang Dunia Politik

Published

on

Ketua DPD Gerindra Papua, Yanni - Jubi/Doc

Ketua DPD Gerindra Papua, Yanni – Jubi/Doc

Jayapura, Jubi – Ketua DPD Gerindra Papua, Yanni mengingatkan perempuan yang ada di Papua memanfaatkan peluang yang diberikan dalam dunia politik.

Hal itu dikatakan Wakil Ketua III DPR Papua tersebut ketika diundang sebagai pembicara dalam seminar dengan thema “Perempuan Kristen dan Politik” oleh panitia pelaksanaan HUT Persekutuan Wanita Klasis Tanah Merah, Kabupaten Jayapura, Sabtu (23/4/2016) .

Dalam rilis persnya yang diterima Jubi, Sabtu (23/4/2016) malam Yanni mengatakan, bicara mengenai peran perempuan merupakan topik yang  penting dan selalu menjadi perhatian banyak pihak. Ini lantaran baik dari  segi jumlah maupun kualitas,  keberadaan perempuan terus meningkat. Peran perempuan di dunia politik bukan issu baru. Ini issu yang sejak dahulu telah menjadi perhatian dan perbincangan dimana-mana. Kini peran perempuan diproteksi  dalam berbagai regulasi. Misalnya kuota 30 persen dalam daftar Calon Legislatif (Caleg) di DPR RI, DPR provinsi hingga DPRD kabupaten/kota.

“Bahkan dalam penyusunan kabinet, figur perempuan selalu menjadi perhatian dan diberikan posisi.

Dalam posisi seperti ini kaum perempuan termasuk perempuan Kristen khususnya di Papua harus dapat memanfaatkan peluang ini sebaik mungkin. Jangan sampai ketika  perempuan sudah diberi ruang dan kesempatan, tak dimanfaatkan dengan baik,” kata Yanni.

Menurutnya, meski perempuan selalu diberi kuota dalam  berbagai undang-undang, tapi tak menjamin dalam  melindungi kepentingan dan peran perempuan. Jaminan sebenarnya adalah kualitas diri. Jika memiliki kualitas yang baik, tanpa ada  kuota atau perlindungan pun, perempuan pasti bisa berkompetisi dengan kaum lelaki.

“Dari itu, salah satu upaya yang harus dilakukan perempuan Kristiani adalah  meningkatkan kualitas diri. Hanya dengan kualitas yang dimiliki, perempauan dapat memenangkan kompetisi dalam berbagai hal. Ruang dan kesempatan yang diberikan berbagai perundang-undangan jangan justru membuat kaum perempuan terlena dan tidak mau mengembangkan kualitas dirinya,” ucapnya.

Ia berpesan kepada para perempuan Kristiani dimanapun berada, mereka harus memiliki keinginan dan motivasi yang tinggi menjadi nomor satu di semua aspek kehidupan. Tak boleh ada pikiran karena perempuan jadi  tak bisa menjadi terdepan. Itu pemikiran yang keliru. Kalau ada pikiran seperti itu harus dihilangkan.

“Jika tidak, kita akan selamanya berada dibawah bayang—bayang kekuasaan kaum lelaki. Namun demikian, bukan berarti kaum perempuan harus meninggalkan kodratnya sebagai  istri dari suami maupun ibu dari anak-anak,” katanya.

Justru dengan kodrat itulah lanjut dia, sesungguhnya Tuhan telah menciptakan perempuan sebagai pelayan sejati, pelayan kepada suami, pelayan kepada anak-anak dan pelayan kepada masyarakat.

“Peran perempuan ini sebenarnya sejalan dengan agama Kristiani dan juga agama lainnya. Jadi dengan modal iman Kristiani yang dimiliki, perempuan Kristiani justru bisa tampil sebagai perempuan-perempuan yang terdepan,” imbuhnya. (*)

*Berita Ini Kerjasama Jubi dengan DPD Gerindra Papua*

Rilis Pers, Advertorial, Surat dan Sumbangan Pembaca

Didukung Tiga Parpol, Yanni Siap Bertarung di Pilkada Jayapura

Published

on

Bakal Kandidat Calon Bupati Jayapura, Yanni, SH bersama Triwibowo, SE,Mm, Ustd. Jainuri Toha (Dewan Suro PKB Prov. Papua), Bangun Sudrajad (Ketua Desk Pilkada PKB Papua), Slamet,S.Pdi (Sekretaris Desk Pilkada PKB Papua) dan Yakobus Wenda, S.Th. Para pengurus PKB ini mewakili H.A. Muhaimin Isankandar selaku Ketua Umum PKB dan H. Abdul Kadir Karding, Sekretaris Jendral PKB - Jubi/IST

Bakal Kandidat Calon Bupati Jayapura, Yanni, SH bersama Triwibowo, SE,Mm, Ustd. Jainuri Toha (Dewan Suro PKB Prov. Papua), Bangun Sudrajad (Ketua Desk Pilkada PKB Papua), Slamet,S.Pdi (Sekretaris Desk Pilkada PKB Papua) dan Yakobus Wenda, S.Th. Para pengurus PKB ini mewakili H.A. Muhaimin Isankandar selaku Ketua Umum PKB dan H. Abdul Kadir Karding, Sekretaris Jendral PKB – Jubi/IST

Jayapura, Jubi – Teka-teki dan spekulasi mengenai kepastian Ketua DPD Gerindra Papua, Yanni, SH ikut dalam bursa pencalonan Bupati Kabupaten Jayapura pada Pilkada 2017 akhirnya terjawab. Wakil Ketua III DPR Papua itu menyatakan siap bertarung dalam Pilkada Kabupaten Jayapura setelah mendapat restu dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) tiga Partai Politik (Parpol) yakni Gerindra, Partai Kabangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Ia mengatakan, DPP tiga Parpol tersebut secara resmi mengeluarkan keputusan mendukung pencalonan dirinya sebagai Calon Bupati Kabupaten Jayapura. Kepastian dukungan ini tertuang  dalam Surat Keputusan DPP Gerindra dan DPP PKB  Nomor : 17964 /DPP – 03-Vl/ A.1/Vlll/2016 tgl 22 Agustus 2016 dan DPP PAN Nomor : PAN/A/Kpts/ KU-SZ/64/Vll/2016 tgl 25 Agustus 2016.

“Dengan dukungan dari  ketiga DPP Partai Politik tersebut, saya dipastikan mengantongi tiket  pencalonan nanti karena  telah melebihi kuota 20 % kursi DPRD Kabupaten Jayapura, sebagaimana yang disyaratkan dalam Undang-undang Pilkada. Di DPRD Kabupaten Jayapura, Gerindra memiliki tiga kursi, PKB dua kursi dan PAN satu kursi,” kata Yanni kepada Jubi via pesan singkatnya, Senin (29/8/2016) malam.

Menurutnya, ia mengapresiasi ketiga Parpol tersebut karena secara resmi telah memberikan dukungann kepadanya untuk maju pada Pilkada Kabupaten Jayapura yang pendaftarannya akan  dimulai September mendatang.

“Dukungan ini sesungguhnya merupakan manifestasi dari kehendak rakyat yang diberikan melalui Partai Politik sebagai pilar demokrasi, sehingga hal ini merupakan amanah dan tanggungjawab yang harus saya emban dengan sebaik-baiknya,” ucapnya.

Kata Yanni, ini sesuatu yang tidak bisa ia lupakan, karena proses memperoleh dukungan dan kepercayaan dari   ketiga Partai Politik tersebut tidak mudah sebab harus melalui proses seleksi yang cukup panjang.

“Saya percaya, keputusan Gerindra, PKB dan PAN mencalonkan saya pada Pilkada Kabupaten Jayapura, 2017 telah mempertimbangkan berbagai aspek, baik elektabilitas, visi, misi yang telah saya paparkan maupun komitmen saya dalam melakukan perubahan diberbagai aspek kehidupan masyarakat Kabupaten Jayapura,” katanya.

Ia menyampaikan terima kasih kepada jajaran DPP Gerindra, DPP PKB dan DPP PAN atas keputusan politiknya  mendukung pencalonan dirinya. Ia menilai, ketiga partai ini memiliki infrastruktur politik dan basis  pendukung di daerah yang sangat  memadai sehingga memiliki nilai politik   yang signifikan menuju sukses Pilkada Kabupaten Jayapura.

Bakal Kandidat Calon Bupati Jayapura, Yanni, SH bersama, Dr. H. Zulkifli Hasan, SE, MM (Ketua Umum PAN), Eddy Soeparno (SekretariJendralPAN), H. Yandri Susanto (sekretaris Fraksi PAN DPR-RI), Viva Yoga Mauladi (Tim Pilkada PAN Pusat) dan Abock Busup, S.Th, MA (Ketua DPW Papua) - Jubi/IST

Bakal Kandidat Calon Bupati Jayapura, Yanni, SH bersama, Dr. H. Zulkifli Hasan, SE, MM (Ketua Umum PAN), Eddy Soeparno (SekretariJendralPAN), H. Yandri Susanto (sekretaris Fraksi PAN DPR-RI), Viva Yoga Mauladi (Tim Pilkada PAN Pusat) dan Abock Busup, S.Th, MA (Ketua DPW Papua) – Jubi/IST

“Saya yakin dan percaya, baik pengurus tingkat provinsi maupun kabupaten dari ketiga Parpol yang mendukung saya, akan allout  menggerakan mesin politiknya untuk memenangkkan pertarungan nanti,” imbuhnya.

Ia yakin, adanya dukunagan resmi DPP Gerindra, PKB dan PAN, partai-partai politik lain yang belum menentukan pilihan akan merapat karena hingga kini komunikasi politik dengan partai-partai politik tersebut masih terus berjalan sehingga tidak menutup kemungkinan dukungan partai akan bertambah.

Kepada seluruh pendukung dan simpatisannya yang  selama ini  menunggu kepastian apakah Yanni maju pada Pilkada Kabupaten Jayapura  agar merapatkan barisan dan menyampaikan pesan ini kepada  seluruh masyarakat Kabupaten  Jayapura dimanapun berada, bahwa   Yanni telah siap lahir bathin mengemban amanah masyarakat Kabupaten Jayapura akan harapan masa depan yang lebih baik, masa depan yang lebih cemerlang, masa depan yang dicita-citakan.

“Saya mengajak saudara-saudaraku sekalian menjaga kekompakan, ketenangan dan kedamaian agar dinamika politik yang sedang dan akan berproses di Kabupaten Jayapura  dapat berlangsung dengan semangat cinta kasih, karena semua ini bukan tujuan tetapi instrumen dan cara untuk  mencapai tujuan yang diharapkan.

Selaku ketua DPD Gerindra Provinsi Papua. Saya minta kepada jajaran DPC, PAC, kader dan simpatisan, terus membangun komunikasi politik dengan komponen partai lain, baik partai pengusung, partai pendukung maupun partai lainnya. Kita boleh berbeda partai tetapi kita semua mempunyai tujuan yang sama yaitu mensejahterakan dan mencerdaskan kehidupan masyarakat khususnya di Kabupaten Jayapura,” katanya. (*)

Continue Reading

Rilis Pers, Advertorial, Surat dan Sumbangan Pembaca

Bertambah Usia, Kader PAN Diingatkan Kerja Bagi Kemakmuran Rakyat

Published

on

 

Unsur pimpinan dari DPW dan DPD Partai Amanat Nasional serta sesepuh partai saat merayakan HUT PAN Ke-18 pada Selasa, 23 Agustus 2016 di Hotel Sahid Entrop. - Jubi/Yuliana

Unsur pimpinan dari DPW dan DPD Partai Amanat Nasional serta sesepuh partai saat merayakan HUT PAN Ke-18 pada Selasa, 23 Agustus 2016 di Hotel Sahid Entrop. – Jubi/Yuliana

Jayapura, Jubi – Seluruh unsur pimpinan dan kader Partai Amanat Nasional wilayah Papua, dalam semangat HUT partai bersimbol matahari putih, diingatkan untuk bekerja bagi kemakmuran rakyat di tanah Papua.

Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional propinsi Papua, Yulianus Rumboirusi, mengatakan kader-kader dari parpol yang merupakan anak kandung reformasi itu telah dan terus memberikan kontribusi bagi kemakmuran rakyat. Hal tersebut dapat dilihat dari keterlibatan langsung kader partai dalam unsur pemerintahan maupun legislatif untuk turut andil dalam menentukan arah kebijakan bagi kesejahteraan warga.

Salah satu upaya yang menurut Yulianus terus diperjuangkan parpolnya adalah terkait lokasi pembangunan smelter, yang hingga kini belum mendapat keputusan dari pemerintah pusat.

“Kita dari DPW Papua dalam even-even skala lokal dan nasional, kita selalu perjuangkan tentang pembangunan smelter di Papua. Kita sadar dengan kehadiran smelter di tanah ini bisa memberikan kesejahteraan untuk orang Papua, dengan pertambahan PADnya,” kata Yulianus disela acara perayaan HUT PAN ke-18 di hotel Sahid, Entrop, Selasa (23/8/2016).

Ia mengatakan, 27 dari 29 kota dan kabupaten di Papua terdapat kader PAN. Salah satu kontribusi parpol dalam tahun ini adalah dengan dilantiknya Ketua DPW PAN Papua, Abock Busup, sebagai bupati Yahukimo, kata Yulianus.

“Kedepan, kita berharap bisa beri kontribusi kemakmuran untuk negeri ini, tanah Papua, dimulai dari dalam keluarga kita masing-masing, partai, dan rakyat.

“Biarlah matahari yang menjadi lambang PAN, dan matahari yang selalu terbit dari timur itu memberikan berkat dan kejayaan bagi rakyat Papua dan kemajuan negeri kita,” harapnya.

Perayaan itu dihadiri unsur pimpinan PAN dari tingkat daerah, propinsi, hingga sesepuh dan kader partai, minus ketua DPW PAN Papua. (*)

Continue Reading

Rilis Pers, Advertorial, Surat dan Sumbangan Pembaca

David Asso Dilantik Jadi Ketua Gapensi Yahukimo

Published

on

Pengurus Gapensi Yahukimo ketika foto bersama Forkompinda Kabupaten Yahukimo usai pelantikan – Jubi/Piter Lokon

Pengurus Gapensi Yahukimo ketika foto bersama Forkompinda Kabupaten Yahukimo usai pelantikan – Jubi/Piter Lokon

Dekai, Jubi – Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Gabungan Pengusaha Konstruksi (Gapensi) Provinsi Papua, Erik Wally melantik David Asso sebagai Ketua Gapensi Yahukimo periode 2016 – 2021.

Erik Wally saat pelantikan di aula pendidikan, Jalan Lokbon, Dekai, Senin (20/6/2016) mengatakan, ini merupakan pelantikan kedua kali setelah tahun 2008 dirinya melantik Ketua Gapensi Yahukimo periode sebelum bupati Abock Busup.

Ia bahkan mengharapkan agar paket-paket pembangunan, baik yang bersumber dari APBD maupun APBN agar benar-benar bermanfaat bagi masyarakat Yahukimo.

“Bukan hanya bangunan yang didirikan, melainkan juga anak-anak asli di sini yang memiliki jasa konstruksi usaha mereka harus terlibat supaya ada rasa keadilan dan pemerataan, sebab ini kampung mereka, dan biarkan mereka membangunnya,” katanya.

Ketua Gapensi Yahukimo yang baru dilantik itu, David Asso mengharapkan agar semua pengusaha di Yahukimo melalui satu pintu. “Walaupun ada yang dari luar, harus melalui Gapensi. Ini merupakan kerja atau kewajiban pertama kepengurusan saya,” kata David.

Pihaknya juga akan mengeluarkan KTA (Kartu Tanda Anggota), dari pengusaha kecil, menengah hingga berskala besar.

“Kami akan kerja sama dengan pengurus yang ada karena ini merupakan wadah untuk Gapensi. Sebagai mitra kami akan mengawal visi-misi bupati dan wakil bupati Yahukmo “dengan hati untuk perubahan”. Kami tegaskan Dinas Pekerjaan Umum (PU) bisa melihat CV atau PT milik anak-anak putra daerah Yahukimo.
Kami juga meminta kepada PT agar sub-subnya pakai anak-anak Yahukimo,” katanya.

“Perusahaan dari luar dan masuk tanpa alamat yang jelas, akan kita proses sesuai aturan. Kecuali yang ada di Yahukimo dan kantornya jelas,” katanya.
Wakil Bupati Yahukimo, Yulianus Heluka mengatakan pihaknya siap membantu Gapensi. Menurutnya Gapensi adalah asosiasi besar di Indonesia. Karena itu, Gapensi Yahukimo harus bersama-sama membangun Yahukimo karena asosiasi tersebut adalah mitra pemerintah.

Gapensi juga diminta mempersiapkan diri dan perusahaan bekerja sama dengan masyarakat lokal yang punya CV dan PT sehingga mereka mempersiapkan KTP, kartu keluarga dan surat nikah.

“Kami tekankan bahwa harus memberdayakan anak pribumi dengan nilai proyek Rp 500-an juta sampai Rp 1 miliar, supaya ada keterwakilan dan rasa memiliki. Tidak hanya memegang organisasi besar Gapensi, tetapi juga kami mau supaya dalam Gapensi ini ada CV dan PT yang dibangun oleh orang pribumi,” katanya.

Menurut Yulianus Gapensi merupakan tulang punggung pemerintah Kabupaten Yahukimo sehingga diharapkan dapat bekerja sama membangun kabupaten tersebut.
Disinggung soal pengusaha dari luar Yahukimo yang keberadaannya tidak jelas ia berharap agar wajib membayar pajak agar bisa menjadi sumber PAD (pendapatan asli daerah) bagi kabupaten tersebut. (Piter Lokon)

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 Zox News Theme. Theme by MVP Themes, powered by WordPress.