Masyarakat Perbatasan Butuhkan Kapal Roro Nunukan-Parepare

share on:
Ilustrasi - radarpare.com
Ilustrasi – radarpare.com

Nunukan, Jubi – Masyarakat perbatasan RI-Malaysia di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara sangat membutuhkan kapal roro rute Nunukan-Parepare, Sulawesi Selatan.

Akbar, seorang warga Nunukan, Minggu (24/4/3016) mengatakan sebenarnya telah ada satu kapal roro rute Pelabuhan Tunon Taka. di Kabupaten Nunukan. ke Pelabuhan Nusantara Kota Parepare, namun tidak mampu memenuhi kebutuhan masyarakat yang cukup tinggi.

Ia mengatakan banyak kebutuhan hidup sehari-hari masyarakat perbatasan didatangkan dari Sulsel, sehingga apabila kapal roro yang telah ada sekarang “docking” (menjalani perawatan) maka harga bahan-bahan kebutuhan mengalami kenaikan secara drastis.

Oleh karena itu, dia mengharapkan ada investor yang mengoperasikan kapal roro dengan kapasitas yang cukup besar minimal 1.500 penumpang dan mampu mengangkut kendaraan roda delapan.

Kapal roro saat ini, KM Thalia, dinilai menerapkan tarif cukup tinggi pada angkutan kendaraan dan bahan kebutuhan masyarakat.

Akbar menyebutkan tarif angkutan kendaraan roda empat sebesar Rp7 juta sangat memberatkan masyarakat setempat sehingga adanya kapal roro lainnya akan membuat tarif bisa menurun.

Selain itu, masyarakat mengeluhkan harga tiket KM Thalia milik perusahaan PT Niaga Citra Mandiri (CNM) yang mencapai Rp450.000-Rp550.000 per orang.

Hal yang sama diutarakan, Anmir yang berdomisili di Jalan Pangkalan Kelurahan Nunukan Timur.

Ia mengatakan masyarakat tidak tidak dapat berbuat apa-apa dengan tarif itu karena tidak ada kapal roro lain untuk tujuan yang sama.

“Kita di perbatasan ini sangat membutuhkan kapal roro lain supaya KM Thalia tidak menerapkan harga tiket penumpang dan sewa angkutan barang yang sangat mencekik leher itu,” ujarnya.

Selama ini, ada beberapa kali pengusaha mendatangkan kapal angkutan barang dari dan ke Sulsel, namun tidak sesuai harapan masyarakat karena ukuran dan kapasitas kecil dan tidak dapat mengangkut kendaraan ukuran besar.(*)

Editor : Zely Ariane
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Masyarakat Perbatasan Butuhkan Kapal Roro Nunukan-Parepare