Pemuda Minta Hentikan Penyelundupan Burung Cenderawasih

share on:
Petugas berhasil mengamankan cenderawasih yang diselundupkan - Jubi/Niko
Petugas berhasil mengamankan cenderawasih yang diselundupkan – Jubi/Niko

Sorong, Jubi – Tokoh pemuda Sorong Raya, Papua Barat Alfius Kambu meminta kepada Dinas Kehutanan, BKSDA dan LSM lingkungan untuk menghentikan maraknya penyelundupan hewan endemik Papua, terutama burung cenderawasih.

Penyelundupan disebutnya marak, bahkan tiap Minggu dan bulan terjadi. Oleh karena itu, petugas segera menghentikan dan menghukum pelaku sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

”Salah satunya adalah masalah perburuan atau pencurian burung cenderawasih yang diselundupkan dari Wilaorong, Papua Barat  ke daerah lain di luar Papua, bahkan hingga keluar negeri,” katanya kepada Jubi di Kota Sorong, Minggu (24/4/2016).

Cenderawasih merupakan satwa endemik Papua yang dilindungi berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Sumberdaya Alam Nonhayati.

Sebelumnya Kepolisian Polda Jawa Timur menangkap pelaku penyelundupan satwa endemik Papua seperti cenderawasih, beo dan kakatua jambul kuning di Surabaya, Jawa Timur. Belasan di antaranya mati karena pelaku menyembunyikannya di dalam botol air mineral.

Tokoh intelektual Papua Barat Moi Jhon Malibela meminta kepada Pemerintah Provinsi Papua untuk menindak tegas pelaku penyelundupan satwa.

“Ini demi lestarinya ekosistem satwa Papua,” kata John. (Niko MB)

 

Editor : TIMOTEUS MARTEN
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemuda Minta Hentikan Penyelundupan Burung Cenderawasih