Warga Penajam Olah Buah Bakau Jadi Makanan

share on:
Ilustrasi manfaat mangrove - ayogitabisa.com
Ilustrasi manfaat mangrove – ayogitabisa.com

Samarinda, Jubi – Warga RT 01, Kelurahan Kampung Baru, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mengolah buah “mangrove” atau bakau menjadi produk makanan ringan yang bisa meningkatkan penghasilan masyarakat setempat.

“Sejak 2006 bersama 20 orang yang tergabung dalam Kelompok Usaha Wanita Mina Mandiri, kami memanfaatkan buah bakau sebagai bahan baku makanan ringan,” kata Ketua Kelompok Usaha Wanita Bina Usaha, Kelurahan Kampung Baru Siti Ruqiyah dihubungi di Penajam, Minggu (24/4/2016).

Tanaman bakau, katanya, tidak hanya sebagai tanaman pencegah terjadinya erosi dan abrasi pesisir pantai, tetapi memiliki banyak manfaat.

Buahnya dapat diolah menjadi produk makanan ringan guna meningkatkan penghasilan masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir.

“Buah bakau bisa dijadikan sebagai bahan baku makanan khas, seperti kue cimi-cimi, bolu, dan akar rotan,” katanya.

Lurah Kampung Baru, Mujono, mengatakan pengembangan pengolahan buah bakau menjadi produk makanan ringan tersebut masih terkendala pendanaan.

Pemasaran makanan ringan dari buah bakau masih terbatas di tingkat rumah tangga karena keterbatasan anggaran.

“Kami berharap, pemerintah daerah memberikan perhatian dan menjadikan produk itu menjadi unggulan dan ikon daerah,” kata Mujono.

Selain memanfaatkan buah bakau sebagai bahan baku makanan ringan, warga yang tergabung dalam Kelompok Pembudidayaan Tanaman Bakau Kelurahan Kampung Baru, kata Mujono, juga melakukan pembibitan dan menanam bibit bakau.

Sejak 2002 hingga 2016 warga sudah melakukan pembibitan dan menanam ratusan ribu bibit bakau di ratusan hektare hutan bakau di pesisir pantai Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Penajam.

“Warga sudah menanam ribuan bakau, baik dari hasil pembibitan maupun melalui bantuan bibit bakau dari pemerintah dan perusahaan sekitar,” ujar Mujono. (*)

Editor : Zely Ariane
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Warga Penajam Olah Buah Bakau Jadi Makanan