Bappeda : Sumber Pendanaan Infrastruktur Jalan Sudah Jelas

share on:
Ilustrasi Jalan Trans Papua - Google,com
Ilustrasi Jalan Trans Papua – Google,com

Jayapura, Jubi – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Papua mengatakan sumber pendanaan infrastruktur jalan di Provinsi Papua sangat jelas, 29 persen merupakan jalan nasional, 32 persen jalan provinsi dan 39 persen kabupaten/kota.

Kepala Bappeda Papua Muhammad Musa’ad kepada wartawan, di Jayapura, Selasa (26/4/2016) mengatakan pembiayaan infrastruktur berasal dari tiga sumber, salah satunya oleh APBN dan dikerjakan oleh Balai Jalan dan Jembatan, dan Balai Sungai yang bertugas melaksanakan fasilitas jalan dan jembatan yang lingkupnya jalan nasional.

“Selama ini karena pola pembagian seperti itu. Maka baru dua tahun ini kami melakukan koordinasi secara intens untuk mensinergikan pembangunan jalan-jalan di Papua dengan mengedepankan dua aspek penting yaitu konektifitas dan fungsional,” katanya.

Untuk itu, ujar Musa’ad, jalan yang dibangun pusat harus berhimpitan dengan apa yang dibangun oleh provinsi dan kabupaten. “Jangan sampai ada ruas jalan nasional yang tak tersambung, sebab nantinya sia-sia,” ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur Papua Lukas Enembe berharap sebelum masa jabatannya bersama Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal berakhir pada 2018, seluruh kawasan Papua sudah terhubung dengan infrastruktur jalan yang baik, terutama kawasan Pegunungan Tengah.

Gubernur menjelaskan, pembangunan infrastruktur yang saat ini sedang dikerjakan Dinas Pekerjaan Umum dan Balai Besar Jalan dan Jembatan untuk membuka kawasan konektivitas antar kawasan terutama kawasan Pegunungan Tengah.

“Sebelum 2018 saya harap sudah bisa menyelesaikan pekerjaan bidang ke PU-an yang saat ini belum terkoneksi antara satu kabupaten dengan kabupaten lain,” kata Enembe.

Untuk membuka konektivitas antar kawasan di Papua, ujar Enembe, Pemerintah Provinsi Papua mengutamakan pembangunan atau peningkatan jalan, agar pada 2018 mendatang dapat diselesaikan. “Sebab, masalah wilayah Pegungan Tengah perlu menjadi perhatian,” ujarnya. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Bappeda : Sumber Pendanaan Infrastruktur Jalan Sudah Jelas