BPMK Tolikara Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparat Kampung

share on:
Sekretaris BPMK Kabupaten Tolikara Yosua Dow bersama pendamping tingkat kabupaten Aston Kogoya disela-sela pendaftaran peserta yang diselenggarakan di salah satu hotel di Wamena, Selasa (26/4/2016) – Derwes Yikwa

Wamena, Jubi – Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung (BPMK) bersama pendamping tingkat kabupaten Tolikara mengelar pelatihan peningkatan kapasitas aparat kampung yang akan berlangsung selama tiga minggu di Wamena.

Kegiatan ini akan di mulai pada Rabu, 27 April sampai 20 Mei.

Sekretaris BPMK Kabupaten Tolikara Yosua Dow mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas aparat kampung tentang penggunaan dana prospek yang dikucurkan oleh pemerintah provinsi Papua setiap tahun selama ini.

Menurut Yosua Dow, masih banyak aparat kampung yang belum mengerti dengan baik peruntukan dana prospek tersebut meskipun aturan penggunaan dana sudah ada dari pemerintah provinsi Papua.

“Kami sering menjumpai di lapangan ada sebagian aparat kampung yang kurang paham tetang peruntukan dana prospek ini. Aparat kampung yang kurang mengerti itu kadang merasa dana prospek ini bisa digunakan sendiri sehingga aparat itu bawa hilang dananya. Kami mau tekan situasi seperti itu dengan menggelar pelatihan ini,” kata Yosua Dow di Wamena, Selasa (26/4/2016).

Peserta pelatihan akan dibagi dalam empat gelombang. Untuk gelombang pertama, peserta yang sudah dipastikan ikut sebanyak 471 orang dari 12 distrik.

Distrik Bokondini (11 kampung), distrik Bewani (14), distrik Bokoneri (17), dan distrik Kamboneri (8). Kemudian, distrik Tagime (10), distrik Kembu (11), distrik Wina (13).

Serta, distrik Dow (11), distrik Dundu (10), distrik Warry (19), distrik Umagi (12), dan distrik Gundagi (17).

Asisten II Setda Kabupaten Tolikara Panus Kogoya dijadualkan akan membuka kegiatan pelatihan yang akan dilangsungkan di Gedung Serba Guna Tongkonan, Wamena. Kegiatan akan dimulai pukul 8 pagi sampai sore.

Pemateri terdiri dari sembilan orang yang didatangkan dari Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) Jakarta. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  BPMK Tolikara Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparat Kampung