Peningkatan Penduduk Usia Produktif Kunci Pertumbuhan Pasifik

share on:
Perempuan Muda Melanesia - www.pinterest.com
Perempuan Muda Melanesia – www.pinterest.com

Jayapura, Jubi – Peningkatan orang pada usia produktif di Pasifik dapat membawa pertumbuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Namun, pertumbuhan itu hanya akan terwujud jika potensi orang-orang itu dimanfaatkan dengan baik, kata sebuah laporan baru yang dikeluarkan oleh PBB.

Laporan Program Pembangunan PBB mengatakan bahwa saat ini, negara-negara yang tersebar di kawasan Asia dan Pasifik memiliki lebih banyak penduduk usia baya atau orang dengan usia produktif dan tanggungan yang dimiliki lebih sedikit jika dibandingkan dari beberapa masa sepanjang sejarah.

Laporan ini merekomendasikan kepada negara-negara yang memiliki lebih banyak populasi yang muda untuk berinvestasi dalam meningkatkan kemampuan dasar dengan meningkatkan pendidikan, kesehatan, serta meningkatkan transisi dari sekolah untuk bekerja.

Negara-negara dengan penduduk yang lebih banyak bekerja didesak untuk menciptakan lapangan kerja yang layak, mengajak perempuan ke pasar dan menabung saluran tenaga kerja ke investasi. Negara yang lebih tua diberitahu bahwa mereka perlu untuk merancang dengan adil, sistem pensiun yang berkelanjutan, mendukung aktif untuk hari tua dan mempromosikan apresiasi kepada penduduk yang lebih tua.

Laporan itu juga memperingatkan apabila rekomendasi itu gagal ditindaklanjuti, dapat mengakibatkan timbulnya tantangan yang lebih besar untuk wilayahnya masing-masing sebagai bagian dari negara yang sedang dimulai. (Yuliana Lantipo)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Peningkatan Penduduk Usia Produktif Kunci Pertumbuhan Pasifik