Papua Barat Siapkan Lahan Perkeretaapian

share on:
Jalur kereta api di Tanah Papua - Jubi/grafisdetik
Jalur kereta api di Tanah Papua – Jubi/grafisdetik

Manokwari, Jubi – Pemerintah Provinsi Papua Barat sedang bergegas untuk menyiapkan lahan pembangunan perkeretaapian di daerah tersebut.

Wakil Gubernur Papua Barat Irene Manibui di Manokwari, Jumat (29/4/2016), kepada Antara mengatakan pihaknya akan segera menggelar pertemuan dengan seluruh masyarakat dan berkoordinasi dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Pihaknya mengupayakan agar pelepasan lahan yang akan dilalui jalur rel selesai secepatnya. Sehingga pembangunan rel di Papua Barat dapat mulai tahun ini.

Dia menjelaskan, program perkeretaapian di wilayah tersebut merupakan lompatan teknologi yang menjadi bagian nawacita pembangunan Presiden Joko Widodo.

“Dulu saya mengira bahwa program itu tidak mungkin bisa dilaksanakan di wilayah Papua, karena topografi alam di Papua sangat ekstrem, ada gunung, lembah dan sungai-sungai besar. Ternyata dugaan saya salah, karena kereta api kini sudah di depan mata dan tidak lama lagi masyarakat Papua Barat bisa menikmatinya,” kata dia.

Dia mengungkapkan, selama ini masyarakat Papua Barat hanya bisa mengandalkan kapal dan pesawat untuk transportasi. Untuk perjalanan darat antarkabupaten, hanya bisa ditempuh melalui mobil dua gardan yang biaya sewanya sangat mahal.

Ia yakin setelah kereta api ada di Papua Barat aksesibilitas transportasi darat akan semakin mudah, murah, dan cepat. Hal itu mampu mendongkrak perekonomian masyarakat.

“Saya berharap masyarakat mendukung penuh program ini. Ini program nasional yang diturunkan ke daerah untuk membantu masyarakat Papua Barat biar lebih sejahtera,” ujarnya lagi.

Irene mengimbau para bupati dan wali kota segera berkoordinasi dengan masyarakat di wilayah masing-masing, terutama warga yang bermukim di area yang akan dilalui jalur kereta.

“Program ini tidak membuat daerah susah, karena seluruh biaya pembangunan ditanggung pemerintah pusat. Pada program ini Papua Barat menjadi prioritas, untuk itu kita harus berterima kasih dan memperlancar program ini,” katanya. (*)

 

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Papua Barat Siapkan Lahan Perkeretaapian