Pemprov Gelar Upacara Hut OTDA ke XX

share on:
Aparatur Sipil Negara Provinsi Papua Upacara Peringati Hari Otonomi Daerah ke XX - Jubi/Alex
Aparatur Sipil Negara Provinsi Papua Upacara Peringati Hari Otonomi Daerah ke XX – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Sekretaris Daerah Papua Hery Dosinaen menjadi Inspektur Upacara Bendera memperingati Hari Otonomi Daerah ke-20 di Provinsi Papua, Jumat (29/4/2016) bertempat di Lapangan Kantor Gubernur Dok II Jayapura.

Upacara yang diikuti oleh Bupati Mimika Eltinus Omaleng, Wakil Bupati Merauke Sularso, para Asisten, para pejabat dan seluruh ASN di lingkup pemerintahan provinsi Papua. Dalam arahannya, Sekda Hery Dosinaen mengatakan dengan tema “Memantapkan Otonomi Daerah Menghadapi Tantangan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)” kiranya dimaknai oleh setiap pemerintah melalui peningkatan kualitas pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat, peningkatan daya saing daerah dan pengembangan demokrasi lokal.

Dengan kebijakan MEA, seluruh Pemerintah Daerah menata seluruh elemen Otda agar mampu bersaing dalam aktivitas ekonomi berupa bebas barang, arus bebas jasa, arus bebas tenaga kerja terampil, arus bebas modal dan arus bebas investasi.

“Saat ini Indonesia masih berada di bawah negara ASEAN lainnya, oleh karena itu dalam rangka mempercepat tujuan Nawa Cita Presiden RI telah memberikan arahan untuk segera melaksanakan simplifikasi regulasi yang menjadi kewenangan pemerintah,” ujarnya.

Untuk itu, melalui momentum ini diharapkan hasil evaluasi kinerja penyelenggaraan Pemerintah Daerah menjadi pendorong peningkatan kesejahteraan rakyat. Maka kebijakan Nawacita dengan sembilan agenda prioritas Kabinet Kerja harus menjadi rujukan dalam menetapkan RPJMD dan RKPD untuk dilaksanakan secara efektif.

“Kepada seluruh pemerintah diminta supaya mempedomani dan menyesuaikan Perda dengan UU No 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah agar keterpaduan Pemerintahan Pusat dan Daerah dapat berjalan dengan efektif dan efisien untuk mendukung pembangunan Nasional,” kata Dosinaen.

Pada peringatan Otda tahun ini, Pemprov Papua memberikan penghargaan atas kinerja terbaik kepada kabupaten dan Kota yang dianggap mempunyai prestasi dalam Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) tahun 2014, yakni Kota Jayapura (skor 3,2564) dengan prestasi sangat tinggi, Kabupaten Merauke (skor 2,5394), Waropen (skor 2,4790), Asmat (skor 2,4469) dan Mappi ( skor 2,3805).

Sementara itu, dalam amanat Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo menyatakan kepala daerah dan wakil kepala daerah memagang kunci dalam mengembangkan kemajuan daerah dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Setiap tahun kementerian dalam negeri melakukan evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah (EKPPD), berdasarkan laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah (LPPD) yang disamapikan oleh masing-masing kepala daerah,” kata Mendagri. (*)

 

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemprov Gelar Upacara Hut OTDA ke XX