PBB Tolak Klaim Israel Atas Golan

share on:
Dataran Tinggi Golan - islamtimes.org
Dataran Tinggi Golan – islamtimes.org

Kairo, Jubi – Klaim Israel belum lama ini bahwa dataran tinggi yang direbutnya dari Suriah beberapa dasawarsa lalu akan tetap menjadi bagian dari negaranya, ditolak oleh Dewan Keamanan PBB.

Dewan Keamanan (DK) PBB pada Selasa (26/4) menyampaikan “keprihatinan yang mendalam” sehubungan pernyataan Netanyahu mengenai Golan, dan menegaskan status tanah yang diduduki di perbatasan Suriah dengan Israel itu “tetap tak berubah”.

Pernyataan tersebut dikeluarkan saat Liu Jieyi, Wakil Tetap Tiongkok yang memangku jabatan Presiden bergilir DK untuk April, berbicara kepada wartawan di Markas Besar PBB di New York, AS, setelah pertemuan tertutup Dewan Keamanan.

Resolusi 497 pada 1981 Dewan Keamanan menjelaskan, keputusan Israel pada saat itu memberlakukan administrasi, jurisdiksi dan hukumnya di Dataran Tinggi Golan “batal dan tidak sah tanpa dampak hukum internasional”, kata Liu.
Bashar Al-Jaafari, Wakil Suriah untuk PBB, telah membantah pernyataan Netanyahu sebagai “provokatif”, demikian dilaporkan Xinhua–yang dipantau Antara di Jakarta, Minggu (1/5/2016) pagi.

Al-Jaafari mengatakan negaranya memiliki hak untuk mengambil kembali Dataran Tinggi Golan berdasarkan Piagam PBB.

Organisasi Kerja Sama Islam (OIC), suara kolektif Dunia Islam, menggambarkan pernyataan pemimpin Israel tersebut sebagai tindakan berbahaya untuk menantang hukum dan resolusi internasional.

Sekretaris Jenderal OIC Iyan bin Amin Madani mengatakan Dataran Tinggi Golan adalah tanah Arab, dan menuntut diakhirinya pendudukan Israel atas seluruh tanah Arab sejak 1967.

Pernyataan Netanyahu juga menghadapi penentangan dari negara Barat, termasuk Amerika Serikat dan Jerman.

Selama bertahun-tahun, telah ada pembicaraan perdamaian yang muncul-tenggelam mengenai Golan antara Suriah dan Israel. Namun, perundingan benar-benar macet akibat meletusnya perang saudara di Suriah pada 2011.(*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PBB Tolak Klaim Israel Atas Golan