Liput Aksi KNPB, Wartawan Suara Papua Dipukul Oknum Brimob

share on:
Wartawan SuaraPapua.com, Ardiles Bayage – jubi/ist
Wartawan suarapapua.com, Ardiles Bayage – jubi/ist

Jayapura JubiWartawan suarapapua.com, Ardiles Bayage ditahan, dipukul dan dinterogasi intelkam Brimob Polda Papua, Kotaraja ketika hendak meliput aksi damai yang dilakukan Komite Nasional Papua Barat (KNPB), Senin (2/5/2016) pukul 10.00 WP.

“Saya sudah tunjukkan kartu pers, tetapi mereka tangkap saya lalu, interogasi saya di ruangan intelkam,” kata Ardiles saat dihubungi Jubi via telepon selulernya,  Senin (2/5/2016).

Ardiles mengatakan oknum anggota Brimob itu merusak kartu pers, membanting telepon seluler merk Samsung dan uang Rp 50.000 miliknya juga hilang.

“Foto-foto saya dihapus juga. Setelah itu saya disuruh buka baju dan disuruh gabung bersama massa aksi. Saat ini kami sedang duduk di lapangan Brimob Polda Papua,” ujarnya.

Di tempat terpisah salah seorang rekan wartawan suarapapua.com, Harun Rumbrar mengatakan, sejak pagi tidak ada wartawan lain yang meliput. Saat itu hanya Ardiles sendri yang meliput berita di depan Mako Brimob Kotaraja. Ia akhirnya dia ditangkap dan ditahan.

“Setelah dia ditahan baru, kami dari belakangan datang, tadi sempat salah seorang wartawan juga yang diancam di depan Brimob saat akan mengambil gambar,” kata Harun.

Sementara itu, pemimpin redaksi suarapapua,com, Arnold Belau di akun facebooknya menuliskan sore ini ia akan memberikan keterangan pers perihal penangkapan, intimidasi dan pengrusakan alat-alat liputan milik wartawan suarapapua.com atas nama Ardiles Bayage.

Sementara itu ketua Aliansi Jurnalis Independen Kota Jayapura, Eveerth Joumilena mengatakan sudah menghubungi pemimpin redaksi suarapapua.com untuk besama mengeluarkan Ardiles Bayage.

“Ardiles Bayage ditahan karena penampilannya, yang mencurigakan. Peristiwa ini terjadi pagi tadi sekitar pukul 10.00. Kami berusaha untuk mengeluarkan Ardi,” ujarnya.  (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Liput Aksi KNPB, Wartawan Suara Papua Dipukul Oknum Brimob