PU Kota Jayapura Antisipasi Banjir dan Longsor

share on:
Ilustrasi longsor - Jubi/IST
Ilustrasi longsor – Jubi/IST

Jayapura, Jubi – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Jayapura, Papua, terus berupaya mengantisipasi terjadinya bencana alam banjir dan longsor di beberapa titik yang dianggap rawan.

“Kontur daerah ini bergunung, titik-titik yang dianggap rawan oleh masyarakat kita akan bangun talud, Kemudian penanganan saluran,” ujar Kepala Dinas PU Kota Jayapura Nofdi J. Rampi kepada Antara di Kota Jayapura, Minggu (1/5/2016).

Ia mengatakan, di beberapa titik yang selama ini kerap terjadi banjir pihaknya secara berkala terus melakukan tindakan pencegahan agar pada saat curah hujan lebat saluran air tetap bisa berfungsi baik.

“Ada juga pemeliharaan-pemeliharaan kali yang rawan banjir, seperti yang ada di PTC, Dinas Otonom Provinsi Papua, Kali Konya,” katanya.

Selain itu, PU Kota Jayapura memiliki banyak program di bidang Cipta Karya, mulai dari pembangunan rumah hingga perbuatan saluran limbah tinja.

“Di sektor Cipta Karya banyak yang akan kita tangani tahun ini, yaitu penyediaan rumah layak huni sebanyak 54 unit, kemudian penanganan air bersih kurang lebih sembilan kilometer untuk mendukung layanan PDAM. Itu ada di Jayapura Utara, Jayapura Selatan dan Abepura,” ujarnya.
“Kemudian sanitasi yang akan dibangun MCK di beberapa titik dan koneksi dari air limbahnya akan disatukan. Penanganan limbahnya ada di lima distrik. Lalu penanganan MCK di beberapa titik terutama di sekolah-sekolah,” lanjutnya.

Nofdi pun menambahkan bahwa PU kota juga tengah fokus memperbaiki sistem irigasi di Distrik Muara Tami agar lahan pertanian di daerah tersebut bisa mendapat air yang cukup dan terhindar dari banjir.

“Untuk pengairan kami menangani beberapa saluran tersier yang ada di Koya Barat dan Koya Timur yang fokusnya untuk membantu pertanian,” katanya. (*)

 

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PU Kota Jayapura Antisipasi Banjir dan Longsor