Bantul Galakkan Koperasi Pedagang Pasar

share on:
 Ilustrasi pasar - keuanganlsm.com
Ilustrasi pasar – keuanganlsm.com

Bantul, Jubi – Kantor Pengelolaan Pasar Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggalakkan pembentukan koperasi pedagang pasar guna mewadahi para pelaku usaha sektor perdagangan dan pembinaan untuk perkembangan usahanya.

“Kalau di Kantor Pasar saat ini yang sedang kita galakkan adalah koperasi wadah pedagang pasar” kata Kepala Kantor Pengelolaan Pasar Bantul Slamet Santosa di Bantul, Rabu (4/5/2016).

Selama ini pelaku usaha dalam hal ini pedagang yang mengakses kredit mikro lebih banyak secara perorangan sehingga perlu ada sebuah wadah berupa koperasi supaya selain memudahkan kredit juga bisa mendapat bantuan dana.

“Makanya tahun ini kami adakan pelatihan pedagang dengan arahnya pembentukan koperasi pedagang pasar. Kalaupun kelompoknya kecil berjumlah lima sampai 10 orang, tetap bisa,” katanya.

Sementara itu, dari sebanyak 32 pasar tradisional yang tersebar di 17 kecamatan se-Bantul, baru terbentuk tiga koperasi pedagang pasar, yaitu di Pasar Bantul, Pasar Barongan, dan Pasar Piyungan.

“Yang aktif kami dukung, sementara yang dua koperasi mati suri kami lakukan pendampingan dengan melibatkan sumber daya manusia (SDM) dari Disperindagkop (Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi),” katanya.(*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Bantul Galakkan Koperasi Pedagang Pasar