Gubernur Papua Harap SE 2016 Berlaku Juga Untuk Freeport

share on:
Gubernur Papua Lukas Enembe Saat Memberikan Data Kepada Petugas Sensus Ekonomi Di Kediamannya - Jubi/Alex
Gubernur Papua Lukas Enembe Saat Memberikan Data Kepada Petugas Sensus Ekonomi Di Kediamannya – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Gubernur Papua Lukas Enembe berharap Sensus Ekonomi (SE)  yang sudah dimulai sejak 1 Mei 2016 oleh petugas dari Badan Pusat Statistik (BPS) berlaku juga untuk PT. Freeport Indonesia. Hal ini untuk mengetahui apa saja jenis usaha yang dijalankan perusahaan raksasa itu.

“Saya harap Freeport juga disensus agar apa saja usahanya bisa diketahui,” kata Lukas Enembe usai disensus tim dari Badan Pusat Statistik Papua, di Jayapura, Rabu (4/5/2016).

Selain usaha Freeport, Enembe juga inginkan melalui SE, BPS bisa memperoleh data jumlah pengusaha orang asli Papua (OAP) yang ada di Bumi Cenderawasih.

“OAP juga perlu di sensus supaya kita bisa tau kira-kira berapa banyak OAP yang menjadi pelaku usaha. Makanya melalui sensus ini kita harap BPS bisa menyajikan datanya. Sebab jangan sampai orang Papua tidak punya usaha,” ucapnya.

Untuk itu, Gubernur Lukas Enembe mengaku sangat mendukung penuh pelaksanaan SE yang digelar setiap 10 tahun sekali itu. Sebab, hasil sensus ini nantinya diharapkan menjadi acuan bagi pemerintah untuk menerapkan kebijakan ekonomi di Papua ke depan.

“Makanya, sekali lagi saya katakan SE ini sangat penting karena akan di data seluruh aktivitas ekonomi masyarakat Papua. Karena itu, siapa pun baik pengusaha maupun keluarga kita wajib memberikan data yang sesungguhnya,” kata Enembe.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik Papua JB Priyono mengatakan pengumuman hasil SE 2016 nantinya disampaikan dalam pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo pada 17 Agustus 2016 mendatang.

“Sekarang ini kan baru proses pengumpulan data di lapangan. Setelah dikumpulkan datanya baru nanti akan diolah dan hasilnya bisa ada,” kata Priyono.

Dia menambahkan pihaknya sangat berkeinginan pengolahan bisa cepat sehingga saat pidato Presiden, hasil sensus sudah bisa dirilis meskipun masih berupa angka sementara. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Gubernur Papua Harap SE 2016 Berlaku Juga Untuk Freeport