Ratusan Warga Tigi Demo Tolak Miras

share on:
Para pemuda Deiyai saat pawai penolakan dan pemberantasan Miras di daerah Tigi, Deiyai - IST
Para pemuda Deiyai saat pawai penolakan dan pemberantasan Miras di daerah Tigi, Deiyai – IST

Deiyai, Jubi – Ratusan warga Tigi, Kabupaten Deiyai, Papua menggelar demo pada Rabu (4/5/2016) untuk menolak peredaran minuman keras (miras) yang dinilai semakin merajalela.

Kepala terminal Waghete, Deiyai, Pilemon Adii mengatakan, pihaknya benar-benar menolak dan tidak mengizinkan penjualan, pembelian dan konsumsi miras karena dapat mengorbankan nyawa manusia.

“Saat ini jelas orang asli Papua mati banyak di mana-mana. Ini diibaratkan orang Papua ini pemiras,” katanya kepada Jubi di Waghete, Deiyai, Jumat (6/5/2016).

Ia mengatakan jika pihaknya mendapati oknum pengedar dan pengonsumsi miras maka tak segan-segan menumpahkan miras tersebut tanpa memandang keluarga, agama, marga dan kampung.

Ia pun mengapresiasi kebijakan Gubernur Papua Lukas Enembe atas pelarangan peredaran dan konsumsi miras di provinsi yang dipimpinnya ini. Oleh karena itu, bupati dan DPRD Deiyai diingatkan agar mendukung kebijakan gubernur tersebut.

Tokoh Pemuda Deiyai, Mando Mote meminta agar Pemerintah Kabupaten Deiyai segera menindaklanjuti pelarangan miras dengan peraturan daerah.

Menurut dia jika eksekutif dan legislatif tidak peka terhadap kebijakan tersebut, maka secara tidak langsung mereka membunuh orang asli Papua dan suku Mee.

“Mari kita sama-sama kerja keras untuk membasmi miras menyelamatkan nyawa manusia. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Ratusan Warga Tigi Demo Tolak Miras