Banjir Sekitar Setengah Meter Landa Kota Sorong

share on:
Anak-anak saat membantu mendorong motor pengendara yang terjebak banjir di kawasan Jalan Sungai Maruni, Kilometer 10 Masuk, Kota Sorong – Jubi/Niko
Anak-anak saat membantu mendorong motor pengendara yang terjebak banjir di kawasan Jalan Sungai Maruni, Kilometer 10 Masuk, Kota Sorong – Jubi/Niko

Sorong, Jubi – Kawasan Jalan Sungai Maruni, Kilometer 10 Masuk, Kota Sorong Minggu (8/5/2016) dilanda banjir setinggi kira-kira 50 centmeter. Akibatnya lalu lintas kendaraan macet di sekitar kawasan tersebut.

Aktivitas warga sekitar kawasan itu juga terganggu, tak terkecuali kawasan supermarket Jupiter karena halaman parkirnya terendam banjir.

Drainase yang berada di samping kiri dan kanan jalan sungai Maruni tak mampu menampung air karena pendangkalan yang diakibatkan dari penambangan pasir. Kawasan tersebut memang langganan banjir ketika hujan tiba.

Warga yang ditemui di lokasi banjir, Chidir Djamaluddin mengatakan seharusnya banjir yang kerap kali melanda Kilometer 10 Masuk ini menjadi perhatian Dinas Pekerjaan Umum Kota Sorong.

“Setiap kali hujan turun, kawasan ini (jalan sungai Maruni) selalu banjir. Belum lagi sistem drainase yang kurang bagus otomatis yang namanya banjr tidak dapat dihindari. Dinas Pekerjaan Umum Kota Sorong beserta instansi terkait harus secepatnya melakukan perbaikan sehingga dampak banjir dapat diminimalisir,” ujarnya.

“Kalau tidak segera diperbaiki sistem drainase, jangan harap masyarakat kota Sorong bisa tenang ketika musim penghujan datang,” lanjutnya.

Ia mengakui warga sudah membayar pajak setiap tahun sehingga Pemerintah Kota Sorong harus membangun infrastruktur semisal drainase.

Ia pun mengharapkan agar masalah banjir yang selalu menghantui warga di kawasan tersebut menjadi skala prioritas bagi program pembangunan.

Hal senada dikatakan sopir angkutan kota Sorong, Syamsir. “Harus ada perhatian supaya drainase yang ada di perbaiki agar tidak macet seperti ini,” kata Syamsir.

Dari informasi yang dihimpun Jubi di TKP, banjir tak hanya terjadi di kawasan sungai Maruni. Kawasan Rawa Indah, Perumnas, perumahan warga yang ada di belakang perumahan Pertamina Lido serta kawasan pemukiman belakang Mega Mall juga terendam banjir. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Banjir Sekitar Setengah Meter Landa Kota Sorong