Detiknas Siap Bantu Detik Papua

share on:
Pengurus Detik Papua Foto Bersama Pengurus Detik Nasional Usai Pertemuan - Jubi/Alex
Pengurus Detik Papua Foto Bersama Pengurus Detik Nasional Usai Pertemuan – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Dewan Teknologi informasi dan Komunikasi Nasional siap memberikan bantuan kepada Dewan Teknologi Informasi dan Komunikas (Detik) Papua, dalam hal memaksimalkan Teknologi Infomasi dan Komunikasi di Bumi Cenderawasih.

Ketua Detiknas Ilham Habibie melalui pers rilisnya dari Jakarta, Selasa (10/5/2016) menuturkan, pada prinsipnya pihaknya siap mendukung penuh Detik Papua.

“Prinsipnya kami di Detiknas atau sekarang kita lebih sebut Wantiknas, siap membantu Detik Papua dalam rangka maksimalnya TIK disana dan jelang serta usai PON 2020,” ujar Ilham Habibie.

Menyinggung soal konektivitas semua lini, ujar Ilham, pihaknya akan melihat bagaimana daerah bersangkutan dengan tingkat topografi disana, lalu diperhatikan juga kelayakan komersial kedepan, dan tentu bantuan pemerintah serta sektor swasta.

Berkaca dari Sektor Prioritas yang ditekankan Presiden Jokowi dalam bidang TIK yakni E- pemerintahan, E- kesehatan, E- pendidikan, E- logistik dan E- pengadaan, maka dalam konsepnya pun nanti wajib berkesinambungan bukan hanya pada PON 2020.

“Pada akhirnya justru TIK yang menjadi alat mencapai tujuan dengan kualitas lebih tinggi, lebih maksimal, lebih efisien, efektif dan rendah biaya,” ucapnya.

Tak sampai disitu, pihak Detiknas juga mengungkapkan adanya program penggunaan TV digital yang baru akan diluncurkan pada 2020 mendatang, rencana jaringan 5G, dan sistem Balon. Sehingga jika bisa diupayakan untuk pilot project nya dilakukan di Papua, maka akan jadi yang pertama kali digunakan dan sejarah tersendiri dalam PON serta TIK di Indonesia.

“Tiga hal tadi baru akan direncanakan dilakukan di 2020. Kalau justru Papua yang menjadi lokasi pertama digunakan, apalagi dalam perhelatan PON, tentu akan menjadi sejarah tersendiri. Tak hanya itu, jika pilot project di Papua itu berhasil, tentu daerah lain juga pasti bisa,” kata Ilham.

Sementara itu, Ketua Tim Detik Papua Dominicus Carvalho mengaku, tujuan kedatangan pihaknya ke Detiknas adalah untuk memberitahukan kondisi TIK di Papua serta rencana kerja persiapan PON Papua 2020.

“Prinsipnya sama membuat masyarakat Papua minimal menjadi melek teknologi. Apalagi 2020 Papua tuan rumah PON dengan venue yang ada di lima lokasi, tentu perlu konektifitas untuk itu,” kata Carvalho. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Detiknas Siap Bantu Detik Papua