Komisi IV Apresiasi Industri Perikanan Raja Ampat

share on:
Tampak pengunjung berpose di kawasan pantai Waiweo, Raja Ampat – Jubi/Niko
Tampak pengunjung berpose di kawasan pantai Waiweo, pelabuhan perikanan Raja Ampat – Jubi/Niko

Sorong, Jubi – Komisi IV DPR RI memberikan apresiasi terhadap industri perikanan Kampung Saonek, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Herman Khaeron yang ditemui Antara saat berkunjung di Raja Ampat Selasa (10/5/2016), mengatakan industri perikanan di Saonek cukup maju.

“Kami sudah mencoba berbagai makanan industri perikanan masyarakat pulau Saonek Raja Ampat sangat enak dan bungkusannya jauh lebih berkualitas dibandingkan di Cirebon Jawa Barat,” katanya.

Dia mengatakan, kendala yang dihadapi oleh masyarakat Saonek untuk mengembangkan industri perikanan mereka adalah sulit untuk memasarkan.

Selain itu, kata dia, keterbatasan listrik belum 24 jam sehari juga menjadi kendala utama bagi masyarakat Saonek mengembangkan industri perikanan mereka.

Karena itu, Komisi IV akan mendorong dari sisi penganggaran agar industri perikanan masyarakat Saonek Raja Ampat mendapat perhatian Kementerian Perikanan dan Kelautan.

“Kami sudah berjanji kepada masyarakat Saonek Raja Ampat dalam kunjungan bahwa kami akan memfasilitasi pembentukan koperasi gratis untuk meningkatkan industri perikanan masyarakat setempat,” ujarnya.

Ada dua kelompok industri perikanan masyarakat di Pulau Saonek Raja Ampat yakni Bina Usaha dan Tunas Muda. Kelompok bina usaha memproduksi abon dan ikan asing serangkan kelompok Tunas Muda memproduksi kerupuk ikan. (*)

 

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Komisi IV Apresiasi Industri Perikanan Raja Ampat