Komisi V DPRP Berharap Hasil UN SMP Memuaskan

share on:
Ilustrasi UN SMP - Jubi/IST
Ilustrasi UN SMP – Jubi/IST

Jayapura, Jubi – Komisi V DPR Papua bidang pendidikan berharap, hasil Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Papua memuaskan.

Wakil Ketua Komisi V DPR Papua, Nioulen Kotouki mengakui pihaknya belum melakukan pemantauan UN tingkat SMP. Namun sejauh ini laporan yang diterima, pelaksanaan UN SMP berjalan lancar.
“Kami harap hasilnya UN SMP tahun ini memuaskan. Siswa/siswi di Papua harus menunjukkan kalau mereka juga bisa berprestasi,” kata Kotouki kepada Jubi, Selasa (10/5/2016).

Saat menghadapi UN peran orang tua juga sangat penting. Orang tua lebih memiliki banyak waktu mengawasi dan membimbing anak-anak mereka dibanding guru.
“Guru hanya bersama-sama siswa ketika jam sekolah. Setelah itu, orang tua siswa yang memiliki peran di rumah. Berhasil tidaknya seorang siswa dalam UN tanggungjawabnya juga ada pada orang tua,” ujarnya.

Mengenai hasil UN SMA di Papua tahun ini kata Kotouki, pihaknya belum mendapat data presentasi kelulusan siswa SMA. Namun informasi yang didapat, hasil kelulusan 2016 memuaskan.

“Hasil pantauan kami hasilnya memuaskan. Kami harap para siswa yang sudah dinyatakan lulus, segera menyiapkan diri untuk mendaftar ke perguruan tinggi,” katanya.

Terpisah, anggota Komisi V DPR Papua, Natan Pahabol mengingatkan orang tua serta siswa yang telah lulus dan ingin mendaftar ke perguruan tinggi agar memilih perguruan tinggi yang benar-benar sudah terakreditasi. Bukan yang abal-abal.

“Sekarang ada ratusan perguruan tinggi di Indonesia termasuk Papua, dinyatakan belum terakreditasi. Jika siswa/siswi yang telah lulus SMA dan mendaftar di perguruan tinggi yang tak diakui Dikti, akan bermasalah ke depan. Mereka akan kesulitan nantinya,” kata Natan.

Untuk itu lanjut Natan, orang tua dan siswa harus jeli dan tak asal memilih perguruan tinggi. Jangan sampai di kemudian hari ketika mereka sudah selesai kuliah, ijazah bermasalah lantaran perguruan tinggi yang mengeluarkan ijazah itu tak diakui. (*)

Tags:
Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Komisi V DPRP Berharap Hasil UN SMP Memuaskan