300 Buruh Gorontalo Ikut Latihan Negosiasi Industrial

share on:
Ilustrasi sengketa perindustrian - www.bantuanhukum.or.id
Ilustrasi sengketa perindustrian – www.bantuanhukum.or.id

Gorontalo, Jubi – Sebanyak 300 buruh tersebar di kabupaten/kota se Provinsi Gorontalo mengikuti pelatihan negosiasi hubungan industrial yang dilakukan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) setempat.

Pelatihan ini dalam rangka meningkatkan wawasan dan kemampuan teknik negosiasi antara buruh dan pengusaha di Provinsi Gorontalo.

“Kegiatan pelatihan negosiasi ini akan dilaksanakan selama tiga hari ke depan,” kata Kepala Disnakertrans Provinsi Gorontalo Risjon K.Sunge, Rabu (11/5/2016).

Kepada peserta diberikan materi terkait kebijakan hubungan industrial dalam membangun hubungan di tempat kerja, membangun budaya berunding, strategi dan teknik bernegosiasi.

Ia berharap dengan adanya simulasi tata cara berunding terkait upah dan perjanjian kerja sama, ke depan mereka mampu melaksanakan teknik negosiasi di tempat kerja dan memininalisir terjadinya konflik antara pengusaha dan pekerja/buruh.

“Jumlah perselisihan antara buruh dan pengusaha dari data tahun 2015 ada sekitar 136 kasus, 89 kasus sudah diselesaikan melalui Perjanjian Bersama (PB) ,” ujarnya.

Sementara sisanya sebanyak 47 kasus sedang masih dalam proses.

Berdasarkan data sementara tahun 2016 terdapat 8 perusahaan besar, 2.438 perusahaan menengah, dan 802 perusahaan kecil di Kabupaten Gorontalo. Sementara jumlah buruh mencapai 23.805 buruh. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  300 Buruh Gorontalo Ikut Latihan Negosiasi Industrial