Imigrasi PNG: Pencari Suaka di Pulau Manus Bebas

share on:
Aksi warga Asutralia di kantor Perdana Menteri Malcolm Turnbull menuntut pusat penahanan di Pulau Manus dan Nauru untuk ditutup dan menerima para pencari suaka itu - sputniknews.com
Aksi warga Asutralia di kantor Perdana Menteri Malcolm Turnbull menuntut pusat penahanan di Pulau Manus dan Nauru untuk ditutup dan menerima para pencari suaka itu – sputniknews.com

Jayapura, Jubi – Pencari suaka Australia yang ditahan di Pulua Manus, PNG, mulai sekarang dinyatakan bebas untuk keluar-masuk pusat pengelolaan, tempat mereka ditahan.

Hal tersebut dinyatakan Kementerian Imigrasi Papua Nugini, seperti dilaporkan Radio New Zealand, Rabu (11/5/2016). Seperti diberitakan sebelumnya, sekitar 900 pencari suaka yang ditolak masuk ke Australia ditahan di pulau Manus. Tetapi Mahkamah Agung PNG memutuskan bahwa pusat penahanan itu adalah ilegal.

Wakil Ketua Petugas Migrasi, Esther Gaegaming, mengatakan Kementerian Imigrasi berkomitmen untuk mematuhi perintah Mahkamah Agung untuk menghentikan atau menghapus penahanan itu.

Esther Gaegaming mengatakan, “Semua warga di pusat pengolahan daerah di Lombrum Naval Base bebas untuk datang dan pergi,” ucapnya. Dia mengatakan mereka telah didorong untuk pindah ke Pusat Transit Pengungsi Pulau Manus di East Lorengau. (Yuliana Lantipo)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Imigrasi PNG: Pencari Suaka di Pulau Manus Bebas