Keluarga Miskin Tertinggi Ada Di Yahukimo

share on:
Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal Saat Berdiskusi Dengan Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Papua, Anike Rawar - Jubi/Alex
Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal Saat Berdiskusi Dengan Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Papua, Anike Rawar – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Dari 29 kabupaten/kota di Papua, fakir miskin dan keluarga miskin tertitinggi ada di Yahukimo sebanyak 25.727, diikuti Nabire 19.354, dan Paniai 17.347. Sementara terendah ada di Paniai dengan jumlah 778, dimana semua tersebar di wilayah Lapago dan Meepago.

Sedangkan perumahan tidak sehat tertinggi berada di Kabupaten Asmat sebesar 15.588, Kabupaten Jayapura 4.082, sementara terendah di Biak Numfor sebanyak 11.

“Ini sekilas gambaran singkat potret kemiskinan di Papua yang tertuang dalam Papua dalam angka tahun 2014,” kata Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal saat membuka pertemuan forum analisis kebijakan staf ahli dan PA, di Jayapura, Kamis (12/5/2016).

Menurut Tinal, hampir diseluruh belahan bumi komunitas yang dekat dan rentang terhadap dampak kemiskinan adalah perempuan dan anak. Hal ini menunjukan, penduduk laki-laki masih mendominasi pasar kerja di Indonesia.

“Satu bukti kalau yang termiskin adalah penduduk perempuan. Untuk Papua, kabupaten dengan wanita rawan sosial ekonomi tertinggi adalah Kota Jayapura 1.490 orang, dan terendah Kabupaten Yalimo sebanyak 31 orang,” ucapnya.

Meskipun demikian, ujar Tinal, apabila perempuan dapat dibebaskan dari kemiskinan maka otomatis harapan hidup perempuan yang tinggi akan berdampak pada anak dan keluarganya sejahtera.

Sementara terkait konsep “three ends” tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak masih termasuk tinggi, dimana data terakhir yang dikeluarkan oleh P2TPA provinsi Papua yang dihimpun dari kepolisian, rumah sakit, kejaksaan, pengadilan untuk 2012-2014 sebanyak 4.621 orang terlapor, termasuk trafficking.

“Tertinggi di Kabupaten Merauke, Asmat dan Kota Jayapura,” kata Tinal.

Dia menambahkan dengan memahami konteks Papua, maka pendekatan pembangunan yang dipakai dalam mendorong pengetasan kemiskinan di Papua berbasis kawasan yang tertuang dalam RPJMD 2013-2018. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Keluarga Miskin Tertinggi Ada Di Yahukimo