Mahasiswa Yang Tidak Kuliah, Tak Diberikan Bantuan Studi

share on:
Dialog antara mahasiswa bersama pemerintah dan DPRD Merauke. Jubi/Frans L Kobun
Dialog antara mahasiswa bersama pemerintah dan DPRD Merauke. Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi – Puluhan mahasiswa yang sedang menjalani studi di berbagai perguruan tinggi (PT) baik di Merauke maupun Jayapura, Makasar, Jakarta maupun sejumlah kota lain, kembali mendatangi Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Merauke.

Kedatangan mereka tidak lain ingin mendengar secara langsung jawaban Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke, terkait beasiswa serta dana bantuan akhir studi yang sangat terlambati ditransfer. Padahal, banyak kebutuhan yang diperlukan para mahasiswa tersebut.

Asisten I Setda Merauke, Agustinus Djoko Guritno dalam pertemuan Kamis (12/5/2016) yang dihadiri Wakil Ketua DPRD Merauke, Marotus Solikah serta beberapa anggota dewan lain mengatakan, berdasarkan data yang dimiliki pemerintah setelah mendatangi sejumlah PT, ternyata ada beberapa mahasiswa Marind sudah tidak aktif kuliah lagi. “Saya tidak perlu menyebutkan nama-nama disini. Tetapi jelasnya ada,” ujarnya.

Guritno menegaskan, pemerintah tak akan memberikan bantuan beasiswa maupun studi akhir setiap tahun. “Dana beasiswa maupun studi akhir, diambil dari dana Otonomi Khusus (Otsus) dan dikhususkan untuk anak-anak Papua (Marind) yang sedang melanjutkan studi di berbagai tempat,” ujarnya.

Diakui jika keterlambatan pengiriman dana bantuan studi akhir maupun beasiswa, bukan karenar kesengajaan. Tetapi menunggu dari pusat melalui provinsi. “Jadi, saya minta pengertian dan pemahaman baik dari para mahasiswa agar tetap bersabar,” pintanya.

Marlina, Staf di Bagian Kesra Setda Merauke menambahkan, semestinya dana bantuan tidak terlambat di transef, tetapi semata-mata karena masih menunggu dari provinsi. Selain itu, katanya, perlu dilakukan rekapitulasi secara lengkap nama-nama penerima bantuan.

Kami mengalami kesulitan saat akan melakukan pengiriman uang. Karena nama pemilik buku, justru lain sehingga dananya tak berhasil ditransfer. Ini juga menjadi salah salah satu persoalan,” tuturnya. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Mahasiswa Yang Tidak Kuliah, Tak Diberikan Bantuan Studi