40 Perempuan Papua Dilatih Buat Kue Sagu

share on:
 Bupati Jayapura MatiusAwoitau (tengah) usai menyerahkan seperangkat alat pelatihan kepada peserta pembuatan kue sagu – Jubi/Engel Wally

Bupati Jayapura MatiusAwoitau (tengah) usai menyerahkan seperangkat alat pelatihan kepada peserta pembuatan kue sagu – Jubi/Engel Wally

Sentani, Jubi – Sebanyak 40 perempuan Papua di 19 distrik di Kabupaten Jayapura dilatih membuat kue dari bahan dasar sagu.

Pelatihan itu digelar Badan Pemberdayaan Perlindungan Perempuan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Kabupaten Jayapura di Sentani, Jumat (13/5/2016).

Bupati Jayapura MatiusAwoitau dalam sambutannya sebelum membuka kegiatan tersebut mengatakan perlindungan pohon sagu dewasa ini mengalami penurunan karena munculnya sejumlah varietas pangan. Beras untuk rakyat miskin (raskin) (sekarang beras rastra/rakyat sejahtera) bahkan memonopoli sagu.

“Oleh sebab itu, dengan adanya pelatihan ini harus ada perhatian dan perlindungan sagu secara berkesinambungan,” katanya.

Ia mengakui kebutuhan pangan tak terlepas dari sagu. Pengawasannya pohon sagu pun diatur dalam peraturan daerah agar diawasi secara serius sehingga varietas ini  tidak hanya sebatas bahan konsumsi, tetapi juga dilakukan penanaman kembali.

Ia juga mengharapkan agar pelatihan semacam itu dilakukan secara rutin dan melibatkan SKPD terkait agar hasilnya dinikmati dengan baik.

Bupati pun menyerahkan secara simbolis modal usaha sebesar Rp 3 juta kepada peserta pelatihan tersebut.

Kepala BP3AKB Kabupaten Jayapura Maria Banomengatakan, pelatihan yang digelar pihaknya merupakan pelatihan kedua kalinya setelah digelar pertama tahun lalu. Tahun kemarin digelar pelatihan menjahit dan membuat piring dari bahan lidi.

“Tahun ini pelatihan pembuatan kue dengan menggunakan bahan dari sagu karena pembuatan kue sagu ini ada beberapa jenis. Diharapkan pelatihan ini menjadi bekal pengetahuan mereka untuk dapat mengembangkannya di rumah dan lingkungan masing-masing,” katanya. (*)

 

 

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  40 Perempuan Papua Dilatih Buat Kue Sagu