KSI Sumsel: Perbanyak Kegiatan Seni Budaya Hadapi Globalisasi

share on:
Ilustrasi alat musik khas Palembang - infopalembang.id
Ilustrasi alat musik khas Palembang – infopalembang.id

Palembang, Jubi – Sejumlah seniman yang tergabung dalam Komunitas Sastra Indonesia Sumatera Selatan menilai kegiatan seni dan budaya di provinsi berpenduduk sekitar 8,6 juta jiwa ini masih rendah sehingga perlu mendapat perhatian semua pihak.

“Agenda kegiatan seni dan budaya, baik skala komunitas maupun besar, di tiap kabupaten dan kota harus digalakkan dan perlu mendapat dukungan masyarakat dan pemerintah,” kata salah seorang anggota Komunitas Sastra Indonesia (KSI) Sumsel Sudarto Marelo, di Palembang, Senin (16/5/2016).

Menurut dia, untuk menggalakkan kegiatan seni dan budaya KSI Sumsel bekerjasama dengan komunitas pecinta seni budaya di daerah ini untuk menggelar kegiatan bersama.

Beberapa waktu lalu digelar pentas baca puisi bersama sejumlah komunitas mahasiswa dan pencinta seni di Kota Palembang.

Aktivitas yang dapat mendorong peningkatan kegiatan seni dan budaya tersebut akan terus dikembangkan ke komunitas pelajar dan komunitas lainnya yang peduli terhadap pelestarian seni dan budaya daerah.

Lewat berbagai kegiatan tersebut, dia mengharapkan masyarakat, terutama pelajar dan mahasiswa, dapat proaktif membuat berbagai lomba, pentas atau festival seni budaya di lingkungan masing-masing maupun di tingkat daerah.

Lomba dan festival seni budaya diharapkan mendorong anak-anak muda mempelajari serta melatih kemampuan bakat seni baik di bidang seni tari, baca puisi, teater, musikal dan lainnya, ujar Sudarto.

Seniman senior Sumsel, Anwar Putra Bayu, menambahkan bahwa kegiatan semacam itu dapat menumbuhkan minat anak-anak muda mempelajari dan meningkatkan kemampuan bakat seni serta melestarikan budaya daerah dan nasional secara umum.

Menurutnya, kegiatan seni dan budaya dapat melindungi generasi muda menghadapi budaya asing di era globalisasi sekaligus tidak melupakan seni budaya daerahnya.

Upaya ini memerlukan peran serta berbagai pihak, terutama pemerintah kabupaten/kota dan provinsi, karena membutuhkan dana yang tidak sedikit, kata Anwar lagi. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  KSI Sumsel: Perbanyak Kegiatan Seni Budaya Hadapi Globalisasi