Sagu Tetap Menjadi Komoditi Unggulan di Kabupaten Jayapura

share on:
Para penjual sagu di Pasar Pharaa Sentani - Jubi/Engelbert Wally
Para penjual sagu di Pasar Pharaa Sentani – Jubi/Engelbert Wally

Sentani, Jubi – Bupati Jayapura menegaskan bahwa sagu tetap menjadi komoditi unggulan di Kabupaten Jayapura. Penegasan ini berkaitan dengan tingkat komsumsi pangan di wilayah yang dipimpinnya yang mulai beralih pada beras.

Menurutnya, sagu adalah makanan khas orang Papua dan sudah menjadi bagian dari keaslian orang Papua saat ini.

“Sejalan dengan pencanangan kebangkitan Masyarakat Kampung Adat maka sagu adalah satuan yang tidak terpisah dari apa yang sudah dibuat. Bahkan sagu lebih dulu ada dari sejumlah pencanangan yang dibuat oleh Pemerintah Daerah tentang kearifan local disini,” jelas Bupati Matius Awoitau di Sentani. Minggu (15/5/2016).

Kata Bupati, dari sisi perlindungan aturannya sudah dibuat jauh sebelumnya oleh pemimpin yang lalu. Selain melalui Peraturan Bupati (Perbub) juga Peraturan Daerah (Perda) tentang perlindungan hutan sagu di Kabupaten Jayapura.  Oleh sebab itu penting bagi masyarakat untuk terus menjaga dan melindunginya.

Tetapi, lanjutnya, juga yang terpenting dari pohon sagu itu sendiri, selain menjadi sumber pangan, juga nilai ekonomi yang tinggi dari hasil penjualannya. Sebab di setiap pasar yang ada di Kabupaten Jayapura, pasti ada yang menjual sagu.

“Bahan pangan lokal ini perlu dilindungi dan dikembangkan. Agar tingkat pangan lokal kita selain bervariasi juga meningkat,” katanya.

Jeni Mokai salah satu pedagang sagu yang ditemui di Pasar Pharaa Sentani mengaku, tingkat pembelian sagu di pasar sangat tinggi.

“Sehari bisa habis 1-2 karung beras ukuran 50kg. Biasanya para pedagang yang menjual di pasar sekitar Kota Jayapura membeli per karung dengan harga 500-700ribu per karung. Sementara hasil dari jualan pertumpuk bisa mencapai 1,2 juta per karung. Satu tumpuk dijual dengan harga 20 ribu rupiah,” jelas Jeni Mokai. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Sagu Tetap Menjadi Komoditi Unggulan di Kabupaten Jayapura