Pasifik Dorong Reformasi di Summit Kemanusiaan Dunia

share on:
Direktur Eksekutif PIANGO, Emele Duituturaga - www.beyond2015.org
Direktur Eksekutif PIANGO, Emele Duituturaga – www.beyond2015.org

Jayapura, Jubi – Komunitas masyarakat di kawasan Pasifik berencana akan mendorong reformasi sistem bantuan kemanusiaan pada pertemuan tingkat tinggi pemimpin dunia yang akan diselenggarakan di Turki pada pekan depan.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mengadakan KTT Kemanusiaan Dunia yang pertama di Istanbul sebagai bagian dari seruannya untuk menempatkan kemanusiaan di pusat pengambilan keputusan global.

Direktur Eksekutif PIANGO, Emele Duituturaga, merupakan salah satu dari antara komunitas masyarakat sipil kawasan Pasifik yang akan turut menghadiri KTT tersebut.

Emele Duituturaga mengatakan sistem kemanusiaan PBB tidak membantu memperkuat kepemimpinan lokal setelah bencana seperti badai yang baru-baru ini melanda wilayah tersebut.

“Apa yang kita lihat sejak Topan Cyclon Pam dan Topan Cyclon Winston adalah perhatian LSM internasional, perluasan organisasi mereka (lsm internasional) dan perjuangan LSM lokal dengan sedikit uang,” kata Duituturaga, seperti dikutip dari Radio New Zealand, Selasa (17/5/2016).

“Sekarang itu bukan untuk kita bilang ini atau itu. Apa yang kami katakan adalah bahwa perlu ada penguatan LSM lokal dan khususnya nasional.”

Emele Duituturaga mengatakan KTT juga merupakan kesempatan lain untuk Pasifik memberitahu dunia tentang tanggung jawab global untuk bencana iklim yang disebabkan. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pasifik Dorong Reformasi di Summit Kemanusiaan Dunia