Ratusan Calon Legislator Otsus Lolos Pemberkasan

share on:
Ketua Pansus 14 Kursi DPR Papua, Emus Gwijangge - Jubi/Doc
Ketua Pansus 14 Kursi DPR Papua, Emus Gwijangge – Jubi/Doc

Jayapura, Jubi – Sebanyak 358 pendaftar dinyatakan lolos pemberkasan sebagai calon anggota DPR Papua melalui jalur 14 kursi alias kursi Otsus.

Ketua Pansus 14 Kursi DPR Papua, Emus Gwijangge mengatakan, 358 calon yang dinyatakan lolos pemberkasan itu berasal dari lima wiayah adat di Papua. Wilayah adat Lapago yang meliputi 10 kabupaten, jumlah calon yang lolos pemberkasan sebanyak 89 orang, wilayah adat Meepago dengan enam kabupaten sebanyak 86 calon, Mamta yang meliputi empat kabupaten dengan jumlah calon 58 orang, Saireri dengan lima kabupaten, jumlah calon 80 orang dan Animha yang meliputi empat kabupaten dengan jumlah 45 calon.

“Nantinya calon yang dinyatakan lolos administrasi atau pemberkasan oleh Panitia Seleksi (Pansel) Daerah Pengangkatan (Dapeng) itu. Akan ada seleksi tahap berikutnya, sebelum berkas para calon dikirim ke tingkat provinsi untuk seleksi tahap akhir,” kata Emus, Selasa (17/5/2016).

Menurutnya, jumlah 358 calon yang dinyatakan lolos pemberkasan dipastikan tak lagi utuh ketika seleksi tahap berikutnya akan ada calon yang gugur dalam setiap seleksi.

“Akan banyak yang gugur. Apalagi kuota kursi untuk jalur pengangkatan di DPR Papua hanya 14 kursi. Empat kursi untuk wilayah adat Lapago, tiga kursi untuk wilayah adat Meepago, begitu juga Saireri, Mamta dan Animha masing-masing dua kursi,” ucapnya.

Katanya, ketika hasil seleksi setiap Pansel Dapeng sudah mencapai 20 calon, berkas para calon itu akan dikirim ke Pansel provinsi untuk seleksi tahap akhir. Pansel provinsi yang akan menentukan calon masa saja yang dianggap memenuhi syarat.

“Nantinya Pansel provinsi yang akan menentukan siapa yang akan masuk melalui jalur Otsus ke DPR Papua dan calon mana yang berada dalam daftar tunggu,” katanya.

Terpisah, anggota Pansus 14 Kursi DPR Papua, Agus Kogoya mengatakan, meski tahapan yang Pansus telah selesai, namun pihaknya bertanggungjawab memantau dan mengawal proses rekrutmen legislator Otsus hingga mereka dilantik.

“Kami terus memantau kerja Pansel di lapangan. Baik Pansel provinsi, Dapeng maupun kabupaten/kota,” kata Agus Kogoya.

Menurutnya, ditargetkan semua tahapan seleksi rampung bulan ini. Ia mengingatkan Pansel semua tingkatan bekerja sesuai petunjuk teknis (juknis) dan Peraturan Daerah Khusus (Perdasus) 14 kursi. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Ratusan Calon Legislator Otsus Lolos Pemberkasan