2017, 9 Pasar Senilai 220 Miliar Akan Dibangun di Papua

share on:
Presiden Jokowi Didampingi Gubernur Papua Lukas Enembe, Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano Dan Perwakilan Mama Mama Papua Meletakan Batu Pertama Pembangunan Pasar untuk Mama-Mama Papua di Kota Jayapura - Jubi/Alex
Presiden Jokowi didampingi Gubernur Papua Lukas Enembe, Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano dan perwakilan Mama Mama Papua meletakan batu pertama pembangunan Pasar untuk Mama-Mama Papua di Kota Jayapura – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Sejumlah pasar akan dibangun di Papua para tahun 2017. Total nilai pembangunan pasar ini mencapai 220 miliar.

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mengatakan pemerintah pusat berencana membangun pasar di sembilan kabupaten di Provinsi Papua pada tahun 2017.

“Pasar ini dibangun menggunakan Dana Tugas Perbantuan,” kata Dr. Leonard VH Tampubolon, Deputi Bidang Ekonomi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) kepada Jubi di Jakarta, pekan lalu.

Ia menambahkan pasar Tipe A akan dibangun di Kabupaten Biak Numfor (Pasar Mura Mura) senilai 38 Miliar, Kabupaten Kepulauan Yapen (Pasar Aroro Iroro) senilai 23 Miliar, Pasar Kelontong Oxebe di Nabire senilai 38 Miliar dan Pasar Mugi di Nduga yang nilainya 38 Miliar.

Selain pasar Tipe A, akan dibangun juga pasar Tipe B di Kabupaten Dogiyai (Pasar Kamu) dengan nilai pembangunan sebesar 18 Miliar, Pasar 10 Distrik di Kabupaten Paniai bernilai 18 Miliar, Pasar Jigibama di Jayawijaya senilai 11 Miliar, Pasar Tanjung Ria senilai 18 Miliar di Kota Jayapura dan Pasar Keppi di Mappi senilai 18 Miliar.

“Selain itu, tahun 2016 ini sedang dibangun pasar di masing-masing kabupaten yang menggunakan DAK. Ada di 31 Kabupaten di Provinsi Papua,” lanjutnya.

Tahun 2016 ini pun, beberapa pasar dibangun menggunakan Dana Tugas Perbantuan. Tiga pasar di Kota Jayapura, dua pasar di Kabupaten Jayapura.

“4 pasar lainnya dibangun di Kabupaten Keerom, Jayawijaya, Nduga dan Biak Numfor menggunakan Dana Tugas Perbantuan pada tahun 2016 ini,” ungkapnya. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  2017, 9 Pasar Senilai 220 Miliar Akan Dibangun di Papua