Kemhan Minta Pemprov Papua Hibahkan Tanah

share on:
Kepala Kantor PPKP Papua Brigjen Andreas Pong Bija - Jubi/Alex
Kepala Kantor PPKP Papua Brigjen Andreas Pong Bija – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Kementerian Pertahanan (Kemhan) berharap Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua bisa menghibahkan sebidang tanah untuk membangun kantor pertahanan wilayah atau Desk Pengendali Pusat Kantor Pertahanan (PPKP).

Kepala Kantor PPKP Papua Brigjen Andreas Pong Bija kepada wartawan, di Jayapura, Rabu (18/5/2016) mengatakan Kemhan sangat mengharapkan dukungan dari Pemprov Papua, namun hasil pertemuan Pemda sendiri kesulitan untuk mencari tanah.

“Kemhan tidak bisa membeli tanah, instruksi Presiden Jokowi jangan beli tanah, kalau ada Pemda atau milik TNI, dihibahkan untuk pembangunan kantor baru,” katanya.

Ia menjelaskan, tugas-tugas pokok kantor pertahanan wilayah atau desk PPKP merupakan kepanjangan tangan Kemhan dan terlibat dalam musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) masing-masing daerah.

“Implementasi di daerah juga akan berperan dalam mendorong penguatan nilai-nilai wawasan kebangsaan, semangat bela negara, nasionalisme,” ujarnya.

Selain rencana pembangunan kantor Pertahanan, kata Andreas, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan  program parade cinta tanah air dengan melibatkan mahasiswa dan anak-anak sekolah. Oleh karena itu, lanjutnya pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan Kota dan Provinsi Papua.

Kemudian, pemberian bantuan kepada masyarakat di wilayah perbatasan Papua-PNG. Dimana untuk pemberian bantuan ini, akan dikoordinasikan dengan Badan perbatasan.

“Ada lima kabupaten yang berbatasan langsung dengan negara PNG yakni, Kota dan Kabupaten Jayapura, Merauke, Boven Digoel dan Kabupetan Pegunungan Bintang,” kata Andreas.

Sementara itu, Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua, Elia Loupatty mengaku sangat mendukung rencana pembangunan kantor Pertanahan di Papua, namun mengenai lokasi yang lebih tahu pihak Kemhan.

“Kalau mengenai lokasi yang lebih tahu pihak Kemhan,” kata Elia Loupatty. (*) 

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kemhan Minta Pemprov Papua Hibahkan Tanah