APBD Perubahan Tahun 2015 Terealisasi 97,46 Persen

share on:
Bupati Jayapura Matius Awoitau memberikan keterangan pers usai LKPJ - Jubi/Engel Wally
Bupati Jayapura Matius Awoitau memberikan keterangan pers usai LKPJ – Jubi/Engel Wally

Sentani, Jubi – DPRD Kabupaten Jayapura memasuki masa sidang II tahun 2016 dengan agenda Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LPKJ) Bupati Jayapura.

Bupati Jayapura Matius Awoitau dalam LKPJ-nya di ruang sidang DPRD Jayapura, Kamis (19/5/2016) mengatakan berdasarkan peraturan daerah penetapan dan perubahan APBD tahun 2015, pendapatan setelah APBD Perubahan sebesar Rp 1,182 triliun lebih dan yang terealisasi sebesar Rp 1,112 triliun lebih atau mencapai 97,46 dari rencana.

Angka ini dibandingkan dengan realisasi pendapatan tahun 2014 mengalami penurunan dari target pendapatan transfer tambahan sebesar Rp 29 miliar lebih atau sekitar 2,54 persen.

Menurutnya laporan tersebut akan dievaluasi DPRD dan dibahas pada sidang berikutnya.

“Sementara untuk pelaporan dana kami sedang menunggu hasil dari BPK yang sedang melakukan audit. Setelah itu akan kami dengar pelaporan opininya seperti apa. Selanjutnya hasil yang akan kami serahkan kepada DPR untuk dibahas lebih terperinci lagi,” katanya.

Ia mengatakan keuangan daerah sebelumnya masih di bawah Rp 1 triliun dan kini mencapai triliunan rupiah bagi APBD. Oleh karena itu, ia berharap APBD mencapai Rp 2 – 3 miliar.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Jayapura Kornelis Yanuaring mengatakan pihaknya akan mengecek LKPJ yang disampaikan pihak eksekutif tersebut melalui kunjungan kerja. Setelah itu laporannya dibahas melalui bimbingan teknis LKPJ.

“Apakah hasil tersebut ada yang bertentangan dengan regulasi Pemerintah atau tidak, setelah semuanya dinyatakan siap, maka DPRD akan merumuskan sebuah rekomendasi melalui sidang istimewa dan menyerahkannya kepada bupati,” katanya. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  APBD Perubahan Tahun 2015 Terealisasi 97,46 Persen