Gereja Katolik Bangun Rumah Singgah untuk Ibu Hamil

share on:
Pastor Paroki St. Fransiskus Musatfak, Jayawijaya, P. Ivan Simamora ketika menunjukkan rumah singgah untuk ibu hamil yang sedang dalam tahap pengerjaan – Jubi/Islami
Pastor Paroki St. Fransiskus Musatfak, Jayawijaya, P. Ivan Simamora ketika menunjukkan rumah singgah untuk ibu hamil yang sedang dalam tahap pengerjaan – Jubi/Islami

Wamena, Jubi – Gereja Katolik Paroki Santu Fransiskus Musatfak, Jayawijaya menyediakan rumah singgah untuk ibu hamil di Distrik Musatfak.

Pastor Paroki St. Fransiskus Musatfak, P. Ivan Simamora mengatakan gagasan awal pembangunan rumah tersebut setelah dirinya diundang sebagai salah satu pemateri dalam “Pekan Generasi Emas Jayawijaya” beberapa waktu lalu di Wamena.

“Jadi, rumah singgah ini untuk ibu hamil. Satu minggu sebelum dan sesudah melahirkan mereka di sini. Semuanya akan dikawal terus hingga selesai persalinan. Setelah ibu dan anaknya dinyatakan sehat baru kembali ke kampungnya,” katanya kepada Jubi di Musatfak, Rabu (18/5/2016).

Rumah seluas 5×6 meter persegi itu hanya sejauh 50 meter dari Puskesmas Musatfak. Pengerjannya baru berjalan seminggu dengan target selesai akhir bulan ini. Biaya pembangunannya pun dilakukan secara swadaya oleh Gereja.

Ia pun berharap agar para bidan dan kader-kader yang disiapkan Gereja tetap stand by di Puskesmas agar dapat membantu ibu-ibu hamil.

“Kalau pemerintah berkenaan bekerja sama, kami sangat senang. Harapan kami, dari dua belah pihak, baik tenaganya maupun tenaga dari kami ada kader kesehatan yang mendampingi kami untuk menemani dan memasak makanan untuk ibu hamil dan setelah melahirkan,” katanya.

Ia juga mengharapkan agar bidan juga stand by memeriksa ibu-ibu hamil sebelum dan sesudah melahirkan. Begitu pun Pemerintah agar bisa mengganti kader-kader yang merawat para ibu hamil.

Warga Musatfak Rosmina Walilo mengapresiasi pembangunan rumah singgah bagi ibu hamil oleh Gereja Katolik.

“Sebagai masyarakat umat Katolik kami merasa senang dibangunnya rumah singgah ibu hamil ini. Apabila ada masyarakat yang sedang hamil dan jangkauan ke kota Wamena susah, dengan dibangun ini merasa tertolong dan membantu umat di Distrik Musatfak,” kata Rosmina. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Gereja Katolik Bangun Rumah Singgah untuk Ibu Hamil