Tiap Tiga Minggu, Perindo Beli 140 Ton Ikan Nelayan Merauke

share on:
Sebuah net/jaring besar yang diisi dengan ikan cakalang di sebuah kapal nelayan purse seine. Foto: AFP/RNZ
Sebuah net/jaring besar yang diisi dengan ikan cakalang di sebuah kapal nelayan purse seine. Foto: AFP/RNZ

Merauke, Jubi – PT Perikanan Indonesia (Perindo) mengoperasikan dua unit kapalnya di Kabupaten Merauke untuk membeli ikan dari para nelayan di Perairan Arafura termasuk di Kimaam, Waan maupun Tabonji. Setiap tiga minggu sekali, setiap kapal tersebut mampu menampung ikan masing-masing 70 ton.

Pimpinan Unit PT Perindo Kabupaten Merauke, Indra kepada Jubi di kantornya Kamis (19/5/2016) mengungkapkan, sudah kurang lebih setahun, dua unit kapal beroperasi di Perairan Arafura untuk membeli ikan dari masyarakat. “Memang dua kapal itu masih kurang dan rencananya akan dilakukan penambahan dua unit lagi, setelah melihat tangkapan ikan nelayan terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu,” ujarnya.

Dua kapal tambahan itu, kata Indra, dalam waktu dekat akan tiba di Merauke dan beroperasi membeli ikan masyarakat. “Kami hanya mempunyai dua tempat penampungan. Sehingga tidak semua ikan dari nelayan mampu dibeli,” tuturnya.

Menyangkut harga pembelian ikan nelayan, Indra mengaku, berkisar antara Rp 10.000/kg-Rp11.000/kg. Biasanya ada nelayan menjual menggunakan kapal juga dan sekali pembelian mencapai Rp 80 juta.  Khusus uang dalam jumlah besar, tidak diberikan tunai, tetapi akan ditransfer. Kalau nelayan yang menjual tidak terlalu banyak, dibayar tunai di tempat. “Memang kami bawa uang, tetapi jumlahnya sangat terbatas,” tuturnya.

Inda menjelaskan semua jenis ikan mulai kakap, kurup dan lain-lain yang dibawa nelayan, tetap dibeli oleh perusahaan.

Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Merauke, Martha Bayu  mengatakan, pasca moratorium yang dikeluarkan, hasil tangkapan ikan masyarakat  mengalami peningkatan. “Ya, karena perusahaan-perusahaan asing tak diizinkan mengambil ikan lagi,” ujarnya.

Martha mengakui jika saat ini, PT Perindo mengoperasikan dua unit kapal untuk membeli ikan dari nelayan. Hanya saja, tempat penampungan masih kurang. Sehingga ikan tidak dapat dibeli semuanya tatkala kapal beroperasi di berbagai tempat di Perairan Arafura. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Tiap Tiga Minggu, Perindo Beli 140 Ton Ikan Nelayan Merauke