Wagub: Keberagaman Perbedaan Merupakan Alat Pemersatu Bangsa

share on:
Ilustrasi - huseinmuhammad.net
Ilustrasi – huseinmuhammad.net

Bandarlampung, Jubi – Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri menyatakan bahwa keragaman budaya, adat istiadat, watak serta karakter di masyarakat merupakan alat pemersatu bangsa.

“Jika kita melihat dari kacamata yang positif, keragaman tersebut memberi dampak baik bagi berkembangnya kearifan lokal, karena mengedepankan nilai-nilai luhur budaya, sopan santun, toleransi dan tenggang rasa,” kata dia, pada Hari Kebangkitan Nasional tahun 2016, di Bandarlampung, Jumat (20/5/2016).

Ia menyebutkan, perjalanan panjang sejarah bangsa ditandai dengan Hari Kebangkitan Nasional yang genap 108 tahun, telah menjaga semangat untuk tetap bangkit dan berjuang guna mempertahankan keutuhan bangsa.

“Jika kita bicara kebangkitan nasional kita akan bicara sesuatu yang sangat heroik, dimana perjuangan Boedi Oetomo saat itu berjuang mempersatukan bangsa Indonesia,” katanya.

Namun dirasakan masih ada kesalahpahaman tentang hal tersebut, terutama tentang isu-isu yang bersifat kedaerahan. Sejatinya harus dipahami apa yang dicita-citakan oleh organisasi Boedi Oetomo sebagai sebuah wadah perjuangan pemersatu bangsa, ungkapnya.

Bachtiar menjelaskan, kemerosotan pemahaman tentang nilai-nilai luhur yang terdapat dalam cita-cita pendahulu bangsa, kiranya membutuhkan kepedulian semua elemen bangsa, namun lebih daripada itu terdapat langkah awal yang harus dilakukan.

“Caranya bagaimana kita menyadarkan diri sendiri terlebih dahulu bahwa ada nilai-nilai luhur yang dititipkan kepada kita untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia,” tambah dia.

Oleh karena itu sudah saatnya dipahami kebangkitan nasional melalui karya nyata, mari bersama seluruh elemen masyarakat bersatu padu menyatukan langkah dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa ini.

Ia menjelaskan, guna mengatasi pemahaman yang masih lemah akan makna Kebangkitan Nasional, pemerintah berperan selaku dinamisator yang akan memaksimalkan potensi untuk mewujudkan kesejahteraan yang berkeadilan.(*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Wagub: Keberagaman Perbedaan Merupakan Alat Pemersatu Bangsa