Gubernur Papua Minta Operator Penerbangan Berdayakan OAP

share on:
Gubernur Papua, Lukas Enembe - Jubi/Alex
Gubernur Papua, Lukas Enembe – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Gubernur Papua Lukas Enembe meminta pihak operator penerbangan yang beroperasi di seluruh wilayah Papua memberdayakan orang asli Papua (OAP) dengan memberi kesempatan untuk menjadi pilot.

Selain itu, operator penerbangan juga harus bisa menyiapkan kader pilot yang merupakan putra asli Papua. Sebab selama ini banyak keluhan terkait karir yang stagnan atau tidak berkembang.

“Saya minta operator penerbangan menyiapkan satu atau dua putra asli Papua untuk jadi pilot atau kapten,” katanya.

Menurut ia, keluhan luar biasa datang dari pilot Papua yang bekerja di sejumlah maskapai penerbangan perintis yang melayani penerbangan ke wilayah pedalaman. Mereka sudah terbang sampai 300 jam tapi tidak bisa jadi kapten atau menerbangkan pesawat berbadan lebar .

“Harus siapkan kader untuk jadi kapten, kasih mereka tugas. Jangan terjadi seperti dulu lebih 20 tahun jadi pilot tapi karirnya tidak berkembang,” ucapnya.

Sementara itu terkait berbagai peraturan penerbangan yang telah ditetapkan oleh masing masing operator, Enembe meminta setiap kebijakan yang dibuat itu setidaknya harus sejalan dengan visi misi Gubernur yakni Papua Bangkit Mandiri dan Sejahtera. Artinya, operator penerbangan diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Papua.

“Wilayah ini diatur oleh pemerintah Papua. Jadi setiap operator harus tunduk dan taat terhadap peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah daerah,” kata Enembe.

Sementara itu, Direktur PT AMA Djarot Soetanto mengatakan pihaknya sudah menyekolahkan beberapa calon pilot anak asli Papua. Akan tetapi terbentur pada persoalan dana. Sebab untuk sekolah pilot saja membutuhkan dana sebesar Rp1 miliar.

“Bila sang pilot itu akan menerbangkan pesawat berbadan lebar, dibutuhkan dana sebesar Rp1 miliar untuk sekolah lagi. Kami terbentur dalam hal soal dana,” kata Djarot. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Gubernur Papua Minta Operator Penerbangan Berdayakan OAP