Akademisi : Normalisasi Sungai Sambas untuk Cegah Banjir

share on:
Ilustrasi – kelompok5informationretrieval.wordpress.com
Ilustrasi – kelompok5informationretrieval.wordpress.com

Pontianak, Jubi – Akademisi Politeknik Negeri Sambas, Kalimantan Barat, Juliansyah, mengatakan normalisasi fungsi sungai mendesak, dipicu tingginya intensitas hujan untuk antisipasi banjir.

“Kapasitas sungai sudah mengalami penurunan, sehingga air tidak tertampung dalam saluran sungai dan meluap keluar menggenangi rumah-rumah penduduk di bantaran sungai. Karena itu harus normalisasi,” kata dia di Sambas, Minggu (22/5/2016).

Juliansyah menjelaskan, penurunan kapasitas sungai tersebut dipicu sedimentasi dan sampah, sehingga menghambat arus air.

Ia menegaskan kembali normalisasi sungai sebagai upaya yang harus dilakukan untuk memperbaiki penampang sungai dengan melebarkan dan mengeruk, agar kapasitasnya bertambah untuk dapat menampung debit air lebih besar.

“Pekerjaan normalisasi sungai ini bisa dikatakan susah-susah gampang” ujarnya. “apalagi jika yang diperlebar itu sisi kanan kirinya merupakan kawasan hunian padat penduduk.”

Kawasan bantaran sungai yang masuk dalam arahan sempadan sungai seharusnya steril dan diperuntukan untuk kepentingan inspeksi atau tempat tumbuhnya vegetasi riparian, kata dia.

Ditambahkan Juliansyah jika akar masalah dari banjir berupa sampah, maka harus menjadi perhatian semua pihak terutama penduduk yang berada bantaran sungai.

Masyarakat menurutnya jangan semaunya membuang sampah di sungai.

“Meskipun saat ini penyebab banjir di Sambas oleh sampah masih kecil, namun sudah saatnya memulai kebiasaan membuang sampah sesuai tempatnya. Seiring pertambahan penduduk, ketika gerakan buang sampah sudah diamalkan maka ke depan tidak menjadi masalah serius,” katanya.

Juliansyah juga mendorong Pemkab Sambas membuat aturan tegas bagi pelaku yang membuang sampah sembarang untuk didenda.

“Pemkab harus terus gencar mengkampayekan membuang sampah pada tempatnya dengan melibatkan pemerintahan di bawahnya,” tutur dia. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Akademisi : Normalisasi Sungai Sambas untuk Cegah Banjir